Ini Cara Masak Telur Paling Sehat Menurut Ahli Gizi
02 March 2017
Disajikan dengan roti saat sarapan, dengan nasi saat makan siang, atau dengan sayur saat makan malam—tentunya telur merupakan salah satu makanan diet yang sehat.  ...

Disajikan dengan roti saat sarapan, dengan nasi saat makan siang, atau dengan sayur saat makan malam—tentunya telur merupakan salah satu makanan diet yang sehat. 

Tapi saat diolah dengan bahan makanan lain, tingkat kesehatan telur tentu saja jadi berkurang. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan bodyandsoul.com dengan Joel Feren, praktisi dan pakar diet asal Australia, akhirnya pertanyaan seputar cara memasak telur paling sehat terjawab.

“Merebus atau mengukus telur adalah cara paling sehat untuk mengolah telur, karena tidak ada ekstra lemak yang ditambahkan di sini. Anda hanya menggunakan air atau uap air untuk memasaknya,” ucap Feren. 

Artikel terkait:
- 6 Alasan Telur Makanan Paling Sehat (dan Bisa Membuat Anda Langsing)
- Lezatnya Egg Nest, Telur Sarang Burung Ala Prancis
- 7 Langkah Membuat Saus Telur Asin Serba Guna

“Telur orak-arik adalah cara masak kedua paling sehat, sedang telur ceplok adalah urutan ketiga. Biasanya, saya hanya menggunakan oil spray untuk membatasi pemakaian minyak goreng,” lanjut Feren. “Anda benar-benar hanya memerlukan permukaan anti lengket untuk memasak telur—cukup olesi wajan dengan sedikit minyak goreng, dan hindari menuang minyak goreng untuk melakukan deep fry.”

Dengan kata lain, bila diolah sendiri—tanpa tambahan susu, butter, krim, atau keju—telur adalah bahan makanan yang sangat sehat. Memastikan telur yang Anda makan diolah dengan cara yang benar, tentu akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, bukan?

Foto cover: Seriouseats

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail