Ini Alasan Anda Bersin-Bersin Setiap Pagi
18 January 2017
Teman dan adik saya setiap pagi atau bangun tidur pasti bersin-bersin cukup lama. Meski tidak merasa sakit, namun mereka kerap mengeluh karena tak nyaman dan merasa terganggu. Sebenarnya, apa yang ...

Teman dan adik saya setiap pagi atau bangun tidur pasti bersin-bersin cukup lama. Meski tidak merasa sakit, namun mereka kerap mengeluh karena tak nyaman dan merasa terganggu. Sebenarnya, apa yang menyebabkan bersin-bersin di pagi hari? Berikut penjelasan dari dr. Yosita Rachman Sp. THT dari RS Omni Hospitals:

Apa alasan beberapa orang sering bersin-bersin di pagi hari?
Bersin sebetulnya merupakan gejala yang normal. Bersin merupakan mekanisme fisiologis, yaitu proses membersihkan sendiri (self cleaning process). Bersin-bersin sering timbul di pagi hari atau bila terdapat kontak dengan sejumlah besar debu atau sesuatu yang kita tidak tahan (alergi).

Apa yang bisa memicu bersin di pagi hari?
Biasanya akibat debu, suhu sekitar yang dingin, dan bulu-bulu (bulu kucing, anjing, burung, dll), jamur, rerumputan, tungau, kecoak, zat kimia, dan lainnya.

Apa yang perlu atau bisa dilakukan untuk mengurangi masalah ini?
Pengobatan terbaik adalah dengan menghindari kontak dengan alergen penyebabnya (avoidance) dan eliminasi.
Obat-obatan diberikan bila diperlukan dapat diberikan antihistamin, kortikosteroid topikal (semprot hidung), bila perlu tindakan operatif dan imunoterapi.

"Hal yang terbaik adalah penghindaran. Hindari apa yang tubuh sendiri tidak tahan (alergi) untuk mengurangi bersin-bersin tersebut. Pasien dapat mencari sendiri benda di sekitarnya. Kenali dan hindari apa saja yang kira-kira memicu bersin-bersinnya," saran dr. Yosita.     

Tindakan operasi, lanjutnya, tidak bisa menghilangkan bersin tapi bisa mengurangi hidung tersumbat yang biasanya menyertai bersin-bersin karena alergi. Namun perlu berkonsultasi dan melewati tahapan preventif sebelum memutuskan operasi.

Berikut beberapa hal yang bisa dicoba untuk dilakukan untuk mencegah bersin-bersin di pagi hari:
1. Selalu memastikan istirahat dan tidur yang cukup
2. Memastikan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh dan diselaraskan dengan aktivitas latihan fisik secukupnya.
3. Memenuhi kebutuhan air putih harian secukupnya.
4. Selalu menjaga kebersihan tempat tidur, kamar, dan lingkungan rumah dari debu serta tungau.
5. Rutin membersihkan perabotan rumah tangga, terutama AC.
6. Rutin membersihkan seprai, selimut, dan tirai dengan air panas untuk membunuh tungau.
7. Hindari penggunaan selimut wol/berbulu.

 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail