Ini 6 Hikmah dan Manfaat Puasa di Bulan Ramadan
02 May 2019
Selain menjadi ibadah wajib bagi umat Islam, puasa di bulan Ramadan juga kaya akan manfaat, lho!

Bulan Ramadan akan segera tiba. Saatnya kita mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa. Yup, selain menjadi ibadah wajib bagi umat Islam, puasa juga kaya akan manfaat, lho! Berikut ini beberapa hikmah dan manfaat puasa yang mungkin jarang disadari:

1. Menjaga keseimbangan hidup
Menjalankan puasa berarti juga menjaga keseimbangan tubuh lewat pola makan sehat. Selama ini mungkin Anda makan tak teratur dan mengonsumsi makanan berlebih. Namun, dengan berpuasa, porsi makan Anda akan cenderung lebih terukur, sehingga pola makan pun terjaga. Puasa juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, menurunkan berat badan, hingga menjadi obat alami untuk penyakit mag.



2. Meningkatkan rasa syukur
Yup, ini memang menjadi salah satu tujuan ibadah puasa. Membuat Anda merasa lebih bersyukur atas segala nikmat yang Anda rasakan—baik kecil maupun besar. Terutama rasa syukur atas makanan yang mungkin selama ini Anda abaikan.

3. Mempererat silaturahmi
Tak dapat dipungkiri, bulan Ramadan juga bulannya silaturahmi. Tentu akan banyak undangan buka puasa bersama menanti, dong? Mulai dari buka bersama bareng keluarga, teman kantor, teman SD, geng AADC, dan sebagainya. Silaturahmi sekaligus reuni di bulan Ramadan dapat mempererat tali persaudaraan. Kerabat yang sudah lama tak bertemu, jadi bisa berkumpul lagi.



4. Melatih kesabaran
Sudah pasti, puasa dapat melatih kesabaran Anda. Kesabaran untuk menahan lapar, menjaga mulut dari bergosip, menjaga jempol dari komentar nyinyir, dan sebagainya. Inti puasa adalah sabar.

5. Melatih diri hidup sederhana
Terkadang, bulan Ramadan justru bikin kantong bolong karena gaya hidup yan makin boros. Nah, itu dia tantangannya. Puasa juga dapat melatih diri untuk hidup lebih hemat dan sederhana. Yup, tak perlu makan atau belanja berlebihan adalah contohnya.

6. Melatih disiplin waktu
Bangun sahur dan bersiap-siap untuk berangkat ke kantor memang bukan hal yang mudah. Namun, itulah tantangannya. Menjalankan ibadah puasa juga dapat mendorong Anda untuk berlatih disiplin terhadap waktu. 

Cover: 123rf

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail