Ini 3 Keuntungan Minum Kopi Sebelum Olahraga
26 October 2018
Apakah Anda suka minum kopi? Bila ya, mulai sekar ...

Apakah Anda suka minum kopi? Bila ya, mulai sekarang biasakan minum kopi tidak hanya di pagi hari, tetapi juga sebelum mulai olahraga. Melansir dari beberapa sumber, kopi punya manfaat yang erat dengan olahraga.


Baca juga: 

Ini Cara Minum Kopi yang Sehat


Ahli gizi Megan Medrano dari Run Whole Nutrition mengatakan bahwa konsumsi kafein bisa meningkatkan kinerja selama latihan yang berlangsung 5 sampai 20 menit. Namun, Anda harus minum kopi setidaknya 45 menit sebelum olahraga. Menurut Megan, tubuh membutuhkan karbohidrat, lemak, dan protein untuk kekuatan seluruh aktivitas olahraga.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari minum kopi sebelum olahraga?

1. Meningkatkan sirkulasi darah
Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa seorang yang minum kopi jenis reguler mengalami peningkatan peredaran darah selama 30% selama 75 menit. Nah, saat olahraga, sirkulasi darah sangat penting untuk performa yang lebih baik. Untuk itulah, kalau Anda minum kopi sebelum olahraga, maka bisa meningkatkan fungsi oksigen ke jaringan.

2. Mengurangi rasa sakit
Minum kopi sebelum olahraga juga bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena kelelahan serta nyeri otot sehabis latihan. Para peneliti menyarankan minum 2-3 cangkir kopi sejam sebelum latihan intensitas tinggi selama 30 menit. Kafein ini bisa membantu Anda lebih bersemangat saat latihan sehingga bisa meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh saat olahraga.


Baca juga: 

Berhenti Minum Kopi Saat Haid Sangat Dianjurkan


3. Bahan bakar bagi otot
Bila Anda tidak sempat minum kopi sebelum latihan fisik, Anda bisa meminumnya setelah latihan. Tenang, manfaatnya masih sama. Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology mengungkapkan, konsumsi sedikit kafein usai olahraga bisa mempertahankan stamina dibandingkan hanya mengonsumsi karbohidrat. Sedangkan, bila Anda mengonsumsi kafein dan karbohidrat, maka bisa meningkatkan glikogen, yaitu tempat penyimpanan glukosa yang menyediakan cadangan energi. Inilah yang bisa membuat Anda mendapatkan energi lebih banyak lagi. 

Namun, usahakan konsumsi kafein sesuai batas harian, yaitu maksimal 400 miligram kafein sehari atau setara dengan empat cangkir kopi. Selain itu, usahakan konsumsi kafein secara konsisten untuk memudahkan tubuh dalam beradaptasi dan mencegah dehidrasi. Misalnya, Anda minum kopi sehari dua cangkir, maka besok juga harus minum dua cangkir dan tidak lebih. Hal yang paling penting adalah banyak minum air putih supaya tubuh terhidrasi dengan baik.

sumber image: 123rf & pexels

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail