Gaya Hidup Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah
17 August 2021
Memiliki tekanan darah tinggi harus diwaspadai karena kondisi kesehatan ini bisa membuat Anda berisiko terkena berbagai penyakit serius lain, seperti jantung dan stroke. Nah, untuk membantu menurunkan tekanan darah agar lebih stabil, coba mulai lakukan 7 gaya hidup yang disarankan oleh ahli, seperti di bawah ini.

Memiliki tekanan darah tinggi harus diwaspadai karena kondisi kesehatan ini bisa membuat Anda berisiko terkena berbagai penyakit serius lain, seperti jantung dan stroke. Nah, untuk membantu menurunkan tekanan darah agar lebih stabil, coba mulai lakukan 7 gaya hidup yang disarankan oleh ahli, seperti di bawah ini.

Tangani stres dengan lebih baik

Saat stres, tubuh membuat hormon yang menyebabkan tekanan darah melonjak. Catat saat Anda merasa tegang dan kemudian cari cara untuk menenangkan diri. Studi menunjukkan bahwa yoga dan meditasi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jika Anda belum mencoba keduanya, mulailah mencari-cari kelas yoga atau meditasi yang cocok untuk Anda dan mulai rutin melakukannya.

Selalu lacak tekanan darah

Saat Anda menggunakan monitor tekanan darah di rumah, hasilnya biasanya berubah setiap hari dan dari waktu ke waktu. Catat semua angka yang didapatkan di buku catatan atau di ponsel sehingga Anda dapat memberitahukannya kepada dokter pada kunjungan berikutnya. Jika Anda minum obat untuk mengatur tekanan darah, pengukuran ini dapat menunjukkan seberapa baik obat tersebut bekerja.

Pertahankan berat badan yang sehat

Saat berat badan naik, tekanan darah juga meningkat. Ini terutama jika Anda memiliki berat badan ekstra di pinggang. Untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk makan lebih sedikit kalori. Namun, jangan terburu-buru untuk menurunkan berat badan. Cukup menghilangkan sekitar 1 kg setiap minggu, yang bisa menjadi  tujuan sehat dan lebih sukses secara jangka panjang.

Tidur lebih baik

Kebanyakan orang membutuhkan 7-8 jam untuk tidur setiap malam. Kurang dari itu, tekanan darah bisa menjadi lebih sulit untuk dikelola. Itu karena tidur membantu mengontrol hormon stres dan menjaga sistem saraf berjalan dengan lancar. Jika Anda menderita insomnia, bicarakan dengan dokter tentang apa yang membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Anda mungkin juga ingin diperiksa untuk sleep apnea, gangguan yang membuat Anda berhenti bernapas sebentar, yang juga dapat memengaruhi tekanan darah.

Lebih banyak bergerak

Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah, minimal 30 menit hampir setiap hari. Bukan penggemar gym? Aktivitas berkebun, berjalan-jalan dengan hewan peliharaan, atau bermain dengan anak-anak di taman juga bisa dilakukan. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, bagi target 30 menit tersebut menjadi tiga gerakan per 10 menit.

Hati-hati dengan obat-obatan

Beberapa obat dan suplemen yang dijual bebas dapat meningkatkan tekanan darah. Di antaranya adalah obat flu, pereda nyeri, serta suplemen herbal seperti arnica dan ginseng. Pastikan dokter Anda mengetahuinya, terutama jika Anda mengonsumsi obat resep untuk mengelola tekanan darah. Selalu periksa obat yang Anda minum dengan dokter atau apoteker.

Dapatkan dukungan

Perubahan lebih mudah dilakukan ketika Anda memiliki orang-orang terkasih yang mendukung. Beri tahu keluarga dan teman tentang rencana Anda untuk menurunkan tekanan darah dan bagaimana cara mereka untuk membantu, seperti tidak merokok di sekitar Anda, memasak makanan yang lebih sehat, atau berolahraga bersama.

Cover: Go Red for Woman

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail