Cuci Tangan Bisa Membantu Anda Menghilangkan Rasa Tidak Nyaman
20 January 2018
Pernah mendengar teori disonansi kognitif? Disonansi kognitif adalah perasaan tidak nyaman yang diakibatkan oleh sikap, pemikiran, dan perilaku yang saling bertentangan dan memotiv ...

Pernah mendengar teori disonansi kognitif? Disonansi kognitif adalah perasaan tidak nyaman yang diakibatkan oleh sikap, pemikiran, dan perilaku yang saling bertentangan dan memotivasi seseorang untuk mengambil langkah demi mengurangi ketidaknyamanan tersebut.

Beberapa hal dalam hidup membuat kita mengalami disonansi kognitif. Merasa mengambil keputusan yang salah dalam berbelanja? Susah menentukan antara membeli sepatu A atau membayar tagihan B? 

Beberapa hal bisa dilakukan untuk mengurangi efek ketidaknyamanan ini. Anda bisa menghilangkan kecemasan dengan mengatakan 'tidak' pada sesuatu yang Anda inginkan dengan meyakinkan diri sendiri bahwa Anda sebenarnya tidak menginginkannya. Namun, sekarang ada cara ilmiah dan mudah untuk mengurangi efek disonansi kognitif: mencuci tangan Anda.

Baca juga: 

Bukan Sembarang Cuci Tangan. Ini Hitungan Waktu yang Tepat agar Kuman Hilang

Dalam sebuah studi yang dilaporkan dalam terbitan Science, Spike WS Lee dan Norbert Schwarz dari University of Michigan meminta subjek untuk memberi peringkat 10 besar CD yang mereka inginkan dari 30 yang terdaftar, kemudian mereka diperbolehkan memilih CD yang berada pada posisi kelima atau peringkat keenam. Ibaratkan memilih CD yang bisa disimpan adalah pilihan yang sulit.

Sumber: NPR

Subjek kemudian mengevaluasi beberapa sabun tangan, setengahnya dengan melihat botol dan setengahnya dengan benar-benar menggunakannya. Lalu, peserta diminta kembali memilih 10 besar CD yang mereka inginkan. Subjek yang tidak menggunakan sabun memberi peringkat pada CD pilihan mereka sekitar dua tingkat lebih tinggi dari pada yang tidak mereka pilih. 

Baca juga: 

Daun Untuk Cuci Tangan Ini, Ternyata Juga Enak Dijadikan Teh

Kebiasaan memberi nilai semakin tinggi pada pilihan sebelumnya dan dan menurunkan nilai dari hal yang bukan jadi pilihan adalah efek khas dari disonansi kognitif. Tapi bagi mereka yang mencuci tangan, peringkat kedua relatif CD tetap sama. Dalam artian, kecemasan mental yang ditimbulkan dari memilih CD ini terhapus. Lee dan Schwartz mengulangi demonstrasi tersebut dengan meminta satu kelompok subjek untuk memilih di antara dua stoples selai. 

Kemudian subjek diminta mengevaluasi tisu antiseptik dengan menggunakannya atau hanya melihatnya. Akhirnya subjek diminta menilai seberapa enak mereka mengira selai itu akan terasa. Subjek yang memakai tisu antiseptik mengharapkan kelezatan yang sama, sementara yang tidak menggunakan tisu antiseptik mengharapkan kenikmatan selai yang baru jauh lebih tinggi dari stoples pilihan mereka.

Sumber: Shmoop

Studi ini sendiri diinspirasi dari 'Efek Macbeth'. Dalam kisah ini, Lady Macbeth tidak segan untuk membunuh orang yang dianggap menghalangi jalannya. Namun, hati nurani akhirnya berbicara, Lady Macbeth mengalami berjalan sambil sambil mencuci tangan yang dipikirnya memenuhi tangganya. Dalam hal ini, tindakan mencuci tangan diibarat sebagai Lady Macbeth mencoba mencuci nuraninya dari perbuatan yang ia lakukan.

Penelitian sebelumnya mengaitkan rasa jijik dan beban moral menunjukkan bahwa mengingat tindakan tidak etis meningkatkan keinginan untuk menebus dosa tersebut dan tindakan ini dilemahkan dengan mencuci tangan. Jadi cuci tangan disini bisa berakibat pada efek bersih-bersih terhadap tindakan masa lalu.

Baca juga: 

Cuci Tangan Setelah Main dengan Hewan Peliharaan Itu Wajib, Ini Alasannya

Mencuci tangan bisa menghilangkan kekuatan emosional dari tindakan masa lalu atau bahkan dari pikiran Anda. Mencuci tangan Anda bisa melakukan lebih dari sekedar menyingkirkan kuman. Ini mungkin menghilangkan gejolak batin yang Anda rasakan setelah dipaksa untuk membuat pilihan antara dua pilihan yang sulit. Jadi ketika Anda merasa tidak nyaman terhadap suatu keputusan yang dibuat di masa lalu atau merasa galau untuk memilih,  Anda bisa mencoba mencuci tangan Anda.

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail