Berhenti Minum Kopi Saat Haid Sangat Dianjurkan
24 March 2017
Ada mitos yang mengatakan minum kopi saat haid bisa membuat sakit peru ...

Ada mitos yang mengatakan minum kopi saat haid bisa membuat sakit perut semakin parah. Apakah itu benar?

Seperti yang dilansir dari Livestrong.com, minum kopi ternyata bisa memperburuk gejala tidak nyaman dari siklus menstruasi. Minum kopi juga dikaitkan dengan sindrom PMS (pramenstruasi). Biasanya saat PMS, perempuan yang minum kopi akan cenderung mengalami ketegangan, kecemasan, kesulitan tidur, dan mudah lelah. Pasalnya, kafein merupakan obat perangsang yang dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. 

Perempuan lebih sensitif terhadap kafein karena proses detoksifikasi tubuhnya lebih banyak dibandingkan pria. Akibatnya, kandungan kaffein dalam kopi bisa membatasi kerja pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke uterus. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology, menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi kafein, lama haidnya akan lebih cepat. Kabar buruknya, ini bisa menyebabkan ketidakteraturan periode haid. 

Dr Joseph Mercola, penulis terlaris New York Times dan pendiri Optimal Wellness Center di Illinois, juga mengatakan bahwa konsumsi kafein terkait dengan tingkat estrogen yang tinggi sehingga bisa berisiko mengembangkan kanker payudara. 

Walau begitu, tidak semua perempuan memiliki reaksi yang sama terhadap kopi. Namun Anda perlu mengenalinya sejak dini supaya tetap nyaman ketika haid datang. Bila sudah mulai kram saat minum kopi, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut dan gantilah dengan minuman lain yang tidak mengandung kafein. 

 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail