Benarkah Madu Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Vegan? Ini Alasannya
15 November 2018
Anda seorang vegan yang rutin mengonsumsi

Anda seorang vegan yang rutin mengonsumsi madu? Maka Anda rutin pula membatalkan seluruh prinsip dan pola makan veganisme yang dianut.

(Sumber: bumbleberryfarms)

Pertama-tama kita simak dulu definisi vegan sesungguhnya dari para ‘sesepuh’ vegan. Seperti dikutip dari Women’s Health, The Vegan Society, salah satu pihak yang mempopulerkan dan menciptakan modernisasi gaya hidup vegan, mendefinisikan veganisme sebagai “sebuah filosofi dan cara hidup yang meniadakan segala bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan untuk tujuan makanan, pakaian, atau tujuan lain, serta mempromosikan perkembangan dan penggunaan alternatif bebas hewan demi kebaikan manusia, hewan, dan lingkungan. Dalam konteks pola makan, prinsip ini berarti menghindari semua produk yang sebagian atau seluruhnya berasal dari hewan.”



Kita tentu tahu darimana asal madu, kan? Ya, hasil produksi lebah. Di masa kini, produksi madu dilakukan dalam skala industrial yang kerap kali melupakan etika dan merugikan koloni lebah itu sendiri, dan pada akhirnya merugikan lingkungan. The Vegan Society sekitar 20 tahun lalu sempat menyatakan madu yang diambil dengan etis sebagai produk aman bagi vegan, namun kini, sangat sulit bahkan mungkin nyaris tidak ada produksi madu yang etis sepenuhnya.

Katanya vegan, kok, makan madu? (Sumber: slate)

Dengan kata lain, madu saat ini bukanlah produk yang bisa dikonsumsi oleh vegan. Jika Anda seorang vegan yang mengonsumsi madu, tak akan ada yang melarang atau menghukum, sih. Hanya saja Anda, essentially, mengubah status atau prinsip dari vegan menjadi vegetarian.

Cover: rambler

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail