Begini Frekuensi Buang Air Besar yang Baik Setiap Minggu
30 November 2018
Setiap orang memiliki frekuensi buang air besar ya ...

Setiap orang memiliki frekuensi buang air besar yang berbeda-beda. Sayangnya, urusan perut dan pencernaan jarang diperhatikan oleh orang-orang. Padahal hal ini cukup penting, terutama memerhatikan waktu buang air besar.  



Saat dijumpai dalam acara diskusi media bersama Dulcolax, pada hari Rabu (28/11/2018), dr. Riana Nirmala Wijaya, Sanofi Medical Expert, mengatakan, “Dalam seminggu sebaiknya buang air besar 3 kali. Kalau kurang dari 3 kali dalam semingu, maka sudah termasuk sembelit.” 

Sedangkan waktu buang air besar yang tepat, tidak memiliki patokan khusus. “Setiap orang memiliki waktu yang berbeda, ada yang pagi, siang, sore, atau malam. Sebenarnya tidak apa-apa asalkan punya jadwal waktu yang teratur setiap hari,” lanjutnya. “Untuk frekuensi buang air besar, juga tidak ada patokan. Ada yang sampai tiga kali sehari frekuensinya, itu masih normal.”



Menurut Dr. Riana, memiliki pola buang air besar yang rutin setiap hari sangat penting. Ia pun membeli saran untuk membuat kebiasaan tersebut setiap hari, misalnya setiap pagi, minimal 30 menit sebelum sarapan, melakukan toilet training untuk mengatur pola buang air besar. Cara yang bisa dilakukan adalah membiasakan duduk di toilet selama 10 menit setiap hari pada waktu yang sama. Jadinya, gerakan ususnya bisa lebih lancar dan sistem pencernaannya kembali normal. 

Selain itu, ia juga menyarankan untuk mencukupi cairan tubuh dengan minum air minimal 2 liter sehari, mengonsumsi buah-buahan, dan sayuran yang cukup. “Bila merasa sembelit terus menerus, meski sudah minum pencahar, lebih baik segera konsultasikan ke dokter,” tutupnya. 

Sumber image: 123rf

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail