Apakah Minum Kopi Pakai Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih?
18 October 2018
Belakangan ini, kopi dengan gula ...

Belakangan ini, kopi dengan gula aren menjadi tren. Banyak kedai kopi yang menjual kopi gula aren sebagai minuman favorit mereka. Namun, pertanyaannya, apakah minum kopi dengan gula aren itu lebih sehat daripada gula putih? Atau sama saja?


Baca juga: 

Campurkan 5 Bahan Ini Agar Kopi Semakin Nikmat


Jawabannya; gula aren memang lebih unggul karena terbuat dari nira (cairan yang keluar dari batang pohon enau). Melansir dari kompas.com, gula aren ternyata diperkaya oleh beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti fosfor, kalium, zink, zat besi, dan juga kaya akan vitamin B8 (inositol), asam float, vitamin B1 (tiamin), dan vitamin B2 (riboflavin). Vitamin ini berfungsi untuk membentuk sel-sel sehat. 

Selain itu, studi juga menemukan bila dari kandungan nutrisinya, gula aren lebih unggul dibanding gula putih. Apalagi, gula putih termasuk sumber makanan yang tinggi kalori, tapi gizinya minim, bahkan hampir tidak ada. Gula aren dianggap sebagai salah satu pemanis alternatif karena mengandung banyak serat yang disebut insulin, sehingga bisa membantu menjaga kadar gula tetap normal.


Baca juga: 

Ini Bedanya Kandungan Gula Di Buah Segar, Buah Kering, dan Jus


Namun, bagaimanapun juga, gula aren tetap gula. Jadi, bisa meningkatkan asupan jumlah kalori. Bila tidak dibatasi, gula aren juga dapat menyebabkan risiko kenaikan berat badan hingga penyakit kronis, seperti penyakit jantung, dan diabetes. Para ahli tetap menyarankan untuk mengonsumsi gula cukup 5-9 sendok teh per hari atau setara 50 gr gula. 

Selain itu, perlu diperhatikan juga, kopi mengandung banyak kafein. Untuk itu, konsumsi kopi juga perlu dibatasi. Setiap harinya, kita disarankan hanya minum 2-3 cangkir kopi saja. 
sumber image: 123rf

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail