Apakah Kebiasaan Minum Kopi Tetap Diperbolehkan Selama Bulan Ramadan?
10 May 2019
Apakah kebiasaan minum kopi tetap boleh dilakukan selama bulan Ramadan? Jika diperbolehkan, berapa banyak dosis kopi yang sebaiknya diminum?

Kafein dalam kopi disebut dapat memberikan efek dehidrasi karena memerbanyak jumlah urine yang dikeluarkan oleh tubuh. Nah, jika saat berpuasa di bulan Ramadan selama 30 hari Anda diharuskan menjaga tubuh dari efek dehidrasi, apakah minum kopi setiap hari tetap aman dilakukan?



Menurut penelitian yang dilakukan The American Journal of Clinical Nutrition, ditemukan bahwa efek dehidrasi dari kafein hanya dapat terjadi ketika dosis kafein melebihi 300 mg per hari. Artinya, jika di bawah itu maka efek buruk kafein terhadap pengeluaran urine berlebihan dari tubuh, belum bisa diukur alias masih dalam batas normal.

Jika diukur dalam cangkir, kafein 300 mg itu sebanyak apa? Mayoclinic menyatakan bahwa jumlah kafein yang berlebihan adalah lebih dari 500 mg-600 mg sehari atau setara dengan 4-7 cangkir kopi setiap hari. Jadi, untuk amannya, cukup minum 1-2 cangkir kopi—yang setara dengan pedoman di bawah 300 mg sehari—selama berpuasa bulan Ramadan tetap boleh dilakukan.

Jika saat ini Anda terbiasa minum kopi melebihi 300 mg kafein per hari, ahli diet YaQutullah Ibrahim merekomendasikan untuk menyesuaikan asupan kopi secara bertahap sebelum bulan Ramadan dimulai, untuk menghindari merasakan efek tidak menyenangkan dari penghentian kafein yang tiba-tiba.



Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk mengurangi konsumsi kafein selama berpuasa, yaitu dengan menambahkan kopi tanpa kafein yang dicampur ke dalam kopi biasa. Dengan begitu, Anda akan mengurangi jumlah total kafein harian tanpa secara dramatis mengubah kebiasaan minum kopi saat berpuasa di bulan Ramadan.

Cover: pexels

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail