6 Cara Efektif Meringankan Deraan Nyeri Perut Saat Haid
01 September 2018
Sakit perut saat haid adalah periode yang tidak menye ...

Sakit perut saat haid adalah periode yang tidak menyenangkan. Rasa nyeri yang kerap disebut dysmenorrhea ini diasosiasikan dengan kram perut. Hingga ini, para peneliti terus mencari obat dan cara untuk mengatasi rasa sakit ini sehingga tidak terus menerus mendera para wanita selama masa haid. Dihubungi Elle, spesialisasi medis kebidanan dan ginekologi Courtenay Poucher, M.D. pun mengungkapkan ada beberapa cara yang dapat secara efektif meringankan nyeri yang disebabkan karena menstruasi.

1. Mengatur pola makan

Sama seperti pencegahan penyakit lainnya, pola makan dan gaya hidup sangat penting untuk kelancaran masa haid. Semakin bersih makanan yang dimakan, seorang wanita akan semakin bugar dan biasanya ia tidak akan terlalu sering mengalami nyeri saat haid. “Atur pola makan dengan lebih banyak asupan buah dan sayur. Ini adalah cara terbaik untuk melawan sakit bulanan itu. Mencoba memasukkan kunyit sebagai bumbu dalam makanan juga dapat membantu karena kunyit dikenal dapat melenturkan otot kejang dan meringankan sakit yang berasosiasi dengan kram.

Sumber: The Ad Plan

Baca juga: 

Berhenti Minum Kopi Saat Haid Sangat Dianjurkan

2. Lakukan perencanaan awal untuk mengatasi nyeri haid

Yang sering terjadi adalah orang meminum obat penghilang rasa sakit begitu gejala nyeri mulai dirasakan. Padahal, menurut Courtenay, cara seperti itu hanya sementara menyelesaikan masalah. “Obat non-steroid dan anti peradangan butuh satu atau dua hari untuk bekerja. Dengan meminum beberapa hari sebelum masa haid datang, bukan hanya rasa sakit yang dapat dihilangkan tetapi juga bisa mengurangi serangan kram yang kadang datang tiada henti hingga 70 persen. Jadi, jika Anda sudah mengetahui kapan masa haid Anda datang, buatlah perencaan di awal.”

Sumber: Sanford Health News

3. Hindari minum teh dan minumlah minyak ikan dan vitamin B

Minum teh camomile kadang bisa menenangkan rasa sakit tetapi itu tidak mengatasi nyeri haid, ungkap Courtenay. Ia malah merekomendasikan vitamin B dan minyak ikan. Kedua hal ini, menurut beberapa penelitian, menunjukkan bukti dapat mengurangi peradangan dan juga sakit karena menstruasi.

Sumber: Livestrong

Baca juga: 

Terbukti, Nyeri Haid Sama Sakitnya Seperti Serangan Jantung!

4. Oleskan salep penghangat atau koyo 

Menggunakan salep penghangat atau koyo biasanya dilakukan para atlet, tetapi cara seperti ini sebenarnya juga berlaku untuk mengatasi kram menstruasi. Mengoleskan pada pada otot uterus dapat melegakan kelancaran peredaran darah yang jadi penyebab sakit.

Sumber: Alibaba

5. Mencoba akupuntur

Salah satu untuk mengatasi nyeri menstruasi, disarankan Courtenay, adalah dengan mencoba akupuntur. “Akupuntur menstimulasi produksi serotonin dan endorfin di sistem saraf pusat yang memberi perasaan kebugaran pada tubuh,” seru Courtenay.

Sumber: Health CMi

Baca juga: 

Benarkah Perempuan Yang Tinggal Bareng Alami Haid Bersamaan?

6. Mencoba sesuatu yang baru

“Jika seorang wanita mencoba dan ternyata kondisi selama haid membaik dan hasilnya aman, tidak ada salahnya mencoba terapi terbaru yang ditawarkan dunia medis,” ujar Courtenay yang mengaku sering mencoba hal baru untuk mengatasi sakit yang diakibatkan karena datang bulan itu.

Sumber: Her Ground

Kredit foto cover: Parenting Firstcry

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail