5 Tips Praktis Agar Tetap Nyaman Sepanjang Hari Saat Menstruasi
28 October 2021
Menstruasi tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan fisik tetapi juga mental. Sebenarnya hal tersebut dapat Anda atasi dengan melakukan 5 tips ini.

Menstruasi dapat membuat Anda merasa tak nyaman, terutama saat sedang keluar banyak-banyaknya. Tubuh terasa lemas, sakit pinggang, kram, dan perubahan suasana hati. Menstruasi tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan fisik tetapi juga mental. Namun, sebenarnya hal tersebut dapat Anda atasi, kok, dengan melakukan 5 tips berikut ini.

1. Jaga pola makan seimbang dan makan sehat
Saat menstruasi, biasanya nafsu makan akan meningkat sehingga Anda jadi sering ngemil. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap makan dengan nutrisi seimbang agar kondisi tubuh tetap sehat dan nyaman. Menstruasi menyebabkan kadar zat besi dalam tubuh akan menurun, oleh karena ini sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, bayam, dan kacang-kacangan. Selain itu, konsumsi juga makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti ikan. Kebiasaan makan sehat ini sebaiknya jangan hanya dilakukan saat menstruasi, tetapi pada hari-hari lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Berolahraga ringan
Meski rasanya malas bergerak saat menstruasi, tetapi Anda disarankan tetap bergerak aktif saat menstruasi. Jika tubuh agak lemas dan kurang energi, usahakan melakukan peregangan tubuh ringan di pagi hari. Menurut penelitian, olahraga dapat membantu mengurangi gejala PMS, kram, sakit pinggang dan meningkatkan suasana hati saat menstruasi. 

3. Tetap terhidrasi
Saat menstruasi, Anda cenderung kehilangan cairan dan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat Anda merasa lelah dan menyebabkan nyeri otot karena oksigen yang cukup tidak mencapai sel darah merah Anda. Karena kadar estrogen dan progesteron juga rendah selama periode tersebut, sehingga tubuh akan berusaha menahan air dan akhirnya memengaruhi sistem pencernaan Anda, menyebabkan sembelit serta perut kembung. Oleh karena itu sangat penting untuk minum setidaknya 8-10 gelas air setiap hari untuk membantu mengurangi gejala-gejala ini.

4. Jaga kebersihan
Kebersihan adalah hal penting saat menstruasi. Kebersihan yang buruk selama menstruasi dapat menyebabkan iritasi pada vagina dan dapat memicu infeksi saluran kemih. Maka menjaga kebersihan diri saat menstruasi adalah hal yang wajib dilakukan, yakni dengan rajin mengganti pembalut setiap 4-6 jam, membersihkan vagina dengan benar, serta mandi teratur pada pagi dan sore hari.

5. Pilih pembalut yang tepat
Area kewanitaan rentan mengalami ruam dan iritasi saat menstruasi sehingga Anda harus memilih pembalut yang tepat agar merasa nyaman dan bebas bocor saat menstruasi. Maka, selalu gunakan pembalut dengan daya serap tinggi, nyaman di kulit, dan tidak membuat area kewanitaan Anda terasa lembap. Semua hal ini sangat penting agar Anda tetap nyaman beraktivitas meski sedang deras-derasnya. 

Buat Anda yang masih mencari produk yang tepat, coba, deh, beberapa pembalut dari Laurier. Laurier sebagai V-Care Expert memiliki berbagai teknologi yang akan menjawab seluruh masalah kewanitaan Anda. Mulai dari yang mengalami menstruasi cukup banyak, masalah iritasi iritasi kulit, hingga yang butuh kenyamanan saat beraktivitas padat. 

Bagi Anda yang sedang deras-derasnya, bisa memakai produk Laurier Relax Night, si Heavy Flow Expert. Biasanya, saat tidur di malam hari, rentan banget terjadi kebocoran karena posisi tidur yang telentang dan sering bergerak. Anda bisa memakai Laurier Relax Night, yaitu pembalut malam yang dilengkapi dengan inti penyerap instan yang mampu menyerap dan mengunci cairan secara maksimal. Anda pun dapat tidur nyenyak bebas bocor sampai 10 jam. Selain itu, pelindung belakang yang lebar dengan struktur bebas celah dapat mencegah bocor pada posisi tidur apa pun. Dilengkapi dengan sayap pelindung yang mencegah pembalut bergeser dan tidak menyebar di permukaan. Jika Anda butuh perlindungan ekstra, bisa menggunakan Laurier Relax Night with Gathers karena memiliki pelindung samping 3D, mencegah bocor samping dan pas menempel di tubuh.

Ingin yang lebih praktis lagi? Laurier punya Celana Menstruasi Relax Night yang memberikan proteksi bebas bocor 360⁰ dengan daya serap 5 kali pembalut malam. Bahannya tipis dan selembut celana dalam katun dengan karet pinggang yang nyaman dan fit dengan bentuk badan karena memiliki berbagai ukuran. 

Jika kulit kewanitaan Anda sering mengalami iritasi, Anda bisa menggunakan Laurier Healthy Skin, si Anti Irritation Expert. Dengan inovasi baru 3D Pori Bergelombang, pembalut akan menyerap cairan dengan cepat dan meningkatkan 80% sirkulasi udara sehingga daerah kewanitaan bisa bernapas dan tidak lembap. Permukaannya pun lembut dan nyaman di kulit. Laurier Healthy Skin juga memiliki beberapa pilihan ukuran panjang pembalut sesuai kebutuhan Anda.

Untuk Anda yang beraktivitas padat, ada juga si Flexible Thin Expert, Laurier Super Slimguard, dengan teknologi lapisan serap ultra tipis 1mm berkapasitas 200x berat bahan penyerap. Selain menyerap lebih cepat, Laurier Super Slimguard juga fleksibel mengikuti bentuk tubuh. Laurier Slimguard dilengkapi dengan Quick Lock System dengan Dry Surface yang akan menyerap dan mengunci cairan seketika sehingga permukaan akan tetap kering. 

Jadi sekarang Anda tak perlu khawatir lagi, kan, saat sedang menstruasi? Dengan menjalani pola hidup sehat dan memakai produk pembalut dari Laurier si V-Care Expert, segala masalah menstruasi ada solusinya. Anda akan tetap nyaman, tak terhentikan!

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail