5 Bahan Makanan Alami untuk Sembuhkan Sariawan
11 April 2017
Beberapa bahan makanan yang sering ada di dapur ternyata bermanfaat untuk ...

Beberapa bahan makanan yang sering ada di dapur ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan. Biasanya, sariawan terjadi akibat gigitan kecil yang melukai dinding dalam pipi, iritasi di mulut, dan bisa juga disebabkan karena alergi makanan. Selain itu, perubahan hormonal dan kekebalan tubuh yang melemah juga sering menyebabkan sariawan. Nah, simak yuk beberapa bahan makanan berikut ini yang bisa membantu mengatasi sariawan Anda. 

1. Santan
Selain sebagai penyedap makanan, Anda bisa menggunakan santan untuk membantu menyembuhkan sariawan. Caranya, campur sedikit madu dengan satu sendok makan santan dan aduk sampai rata. Kemudian, pijat bagian yang terkena sariawan dengan ramuan ini. Anda juga dapat membilas mulut dengan santan pada bagian yang terkena sariawan.

sumber: livestrong

2. Daun jambu biji
Mengunyah daun jambu biji juga ampuh untuk menyembuhkan sariawan. Setelah itu, kumur dengan menggunakan air bersih, hingga mengenai seluruh bagian mulut. Tidak perlu menelannya, cukup mengunyahnya saja.

sumber: centralreaders

3. Madu
Untuk mempertahankan kelembapan dan mempercepat proses penyembuhan, Anda dapat mencelupkan kapas dalam madu dan mengoleskannya di daerah yang mengalami sariawan. Madu memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang dapat membantu mengusir bakteri dalam mulut.

sumber: davidwolfe

4. Biji ketumbar
Menggunakan biji ketumbar juga bisa mengurangi peradangan. Caranya, rebus satu sendok teh biji ketumbar dalam secangkir air. Lalu, saring dan biarkan dingin. Kumur dengan air ini sebanyak tiga atau empat kali sehari.

sumber: gourmetfoodworld

5. Yogurt
Sebagai makanan yang dikenal penyimpan bakteri yang sehat, yogurt dapat menyeimbangkan bakteri dalam mulut. Anda dapat mengonsumsi 200 gram yogurt murni setiap hari untuk membantu menyembuhkan sariawan.

sumber: girlsgonestrong
Cover: medicaldaily

 

Forget password
Masukkan email yang Anda daftarkan di Womantalk
Send
Forget password
kode verifikasi telah dikirim ke email Anda
Kirim
Ganti Kata Sandi
confirm password
Kirim
Verify your e-mail
Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email Anda
Verify
Change e-mail
Change E-mail