Wanita yang Melahirkan Anak Laki-Laki Punya Kemungkinan Lebih Besar Terserang Depresi Pasca Melahirkan

1541829616010
  • share line
  • share bbm
Wanita yang Melahirkan Anak Laki-Laki Punya Kemungkinan Lebih Besar Terserang Depresi Pasca Melahirkan

Sebuah penelitian terbaru ungkapkan masalah kesehatan yang mungkin diderita oleh para ibu hamil. Lewat hal tersebut terungkap kalau ibu yang melahirkan bayi laki-laki memiliki kemungkinan 79% lebih tinggi terserang postnatal depression atau gangguan kesehatan mental pasca melahirkan. Wow!



Penelitian dilakukan oleh Tim dari University of Kent, Inggris, ungkap kalau memiliki seorang anak laki-laki membuat tingkat peradangan dalam sistem kekebalan tubuh ibu meningkat, yang dianggap mengubah keseimbangan kimia di otak. 

Penelitian yang sama juga menemukan fakta kalau wanita yang mengalami komplikasi selama proses kelahiran anak mereka memiliki kemungkinan hampir tiga kali lipat mengalami depresi pasca melahirkan. Kondisi ini cukup umum terjadi dan memengaruhi satu dari setiap 10 wanita yang melahirkan, menyebabkan perasaan sedih, kelelahan, dan kesulitan membangun ikatan dengan bayi.

Lalu sebuah studi baru menanyai 296 ibu dan ditemukan kalau mereka yang melahirkan anak laki-laki atau yang mengalami komplikasi saat melahirkan lebih mungkin menderita depresi pasca melahirkan. Namun, risiko depresi pascanatal setelah komplikasi pada wanita yang memiliki masalah kesehatan mental jumlahnya lebih rendah. Hal itu mungkin disebabkan karena mereka sudah menerima bantuan dari ahli.

Dr Sarah Johns, pemimpin penelitian tersebut menunjukkan data yang ditemukan. Terbukti kalau risiko depresi pascanatal meningkat antara 71% dan 79% pada wanita yang melahirkan anak laki-laki, dan sebesar 174% pada wanita dengan komplikasi. 

"Depresi pasca melahirkan adalah suatu kondisi yang dapat dihindari," ungkap Sarah. "Dan telah terbukti bahwa dengan memberikan bantuan dan dukungan lebih bisa membuat gejala ini berhenti berkembang," jelasnya.

 

Namun, lepas dari penelitian di atas, semua ibu yang baru saja melahikan pasti butuh bantuan dan dukungan, terutama dari orang terdekatnya. Jika Anda ibu hamil, jangan ragu minta bantuan pasca melahirkan nanti, tetapi jika bukan Anda yang hamil, tidak ada salahnya berikan dukungan untuk mereka sehingga tidak mengalami kondisi depresi pasca melahirkan.

Tag:
melahirkan, depresi, baby blues, bayi, laki-laki
  • share line
  • share bbm
heart 3 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK