Turunkan Hipertensi Dengan Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

1510738805456
  • Share
Turunkan Hipertensi Dengan Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

Hipertensi atau kondisi tekanan darah tinggi kini bukan lagi penyakit orang tua. Penyakit ini juga bisa menyerang siapa pun, termasuk Anda yang masih di usia 20an dan 30an--apalagi jika pola makan Anda berantakan.

Baca juga: 

Apakah Anda Hidup dengan Hipertensi?

Coba mulai perbaiki asupan makanan Anda dengan cara yang paling mudah, yaitu mengurangi konsumsi 5 makanan ini.

1. Garam
Kelebihan sodium, kandungan tertinggi dalam garam, bisa membuat air di dalam tubuh tertahan dan tidak mengalir lancar. Saat air tertahan, sirkulasi darah menuju ginjal, otak, dan jantung jadi terhambat. Penghambatan itulah yang kemudian memicu terjadinya hipertensi.

Sumber: Foodhall

Baca juga: 

10 Hal Yang Wajib Diperhatikan Penderita Hipertensi

2. Alkohol
Selain dapat merusak dinding pembuluh darah, mengonsumsi alkohol berlebih juga bisa menyebabkan tekanan darah dalam arteri meningkat pesat. Tidak mau, kan, habis bersenang-senang hipertensi justru menyerang?

Sumber: Daily Express

3. Acar
Acar dibuat dengan mencampurkan bahan dasar, biasanya timun atau wortel, dengan cuka dan garam. Tahukah berapa kandungan sodium dalam satu potongan acar timun Anda? Sekitar 570 mg atau sekitar sepertiga dari kebutuhan total sodium harian, yaitu 2300 mg. Sekali makan acar berapa potongan yang Anda nikmati?

Sumber: My Jewish Learning

Baca juga: 

Apakah Anda Hidup dengan Hipertensi?

4. Makanan beku dan siap saji
Kentang, nugget, sosis, dan aneka makanan siap saji yang dibekukan atau diawetkan mengandung zat pengawet serta sodium yang sangat tinggi. Hindari juga mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi dan perbanyak asupan makanan rebusan.

Sumber: HowStuffWorks

5. Bumbu penyedap
Kecap, saus tomat, saus sambal, tauco serta bumbu penyedap lainnya mengandung banyak garam natrium yang bisa memicu hipertensi. Ganti bumbu-bumbu penyedap instan dengan bumbu buatan sendiri yang lebih sehat dan aman agar Anda jauh dari hipertensi.

Sumber: Serious Eats

Tag:
hipertensi, tekanandarahtinggi, darahtinggi, makanan
  • Share
1 People liked this
LIKE
BOOKMARK