Tips Sehat Saat Lebaran Meski Tetap Makan Opor Ayam dan Kue Nastar

1528974013991
  • share line
  • share bbm
Tips Sehat Saat Lebaran Meski Tetap Makan Opor Ayam dan Kue Nastar

Saat Hari Raya Lebaran, hidangan yang tersaji di rumah pasti tidak jauh dari makanan bersantan dan lemak seperti rendang daging dan opor ayam. Belum lagi kue-kue kering manis seperti nastar dan kastengel. “Kalau terlalu banyak, ini bisa mengakibatkan masalah kesehatan, terutama bagi mereka yang sudah punya diabetes dan masalah kolesterol,” ujar ahli gizi Nadya Agatha, Amd.GZ dari Klinik Medifit Jakarta.

Meski demikian, menurutnya lagi, bukan berarti kita tidak boleh makan opor ayam dan kue nastar saat Lebaran, lho! Boleh saja, tapi kuncinya adalah mengendalikan diri. Berikut ini tips sehat saat lebaran meski Anda makan berbagai hidangan khas Lebaran!

1. Minum segelas air sebelum makan
Pastikan Anda minum segelas air putih dulu sebelum makan agar perut terasa penuh. Dengan cukup minum air putih Anda juga memberi hidrasi untuk tubuh dan kulit.

Baca juga: 

Seimbangkan Pola Makan Pasca Lebaran dengan Cara Berikut Ini

2. Makan dalam porsi kecil
Lebaran memang waktunya makan opor dan rendang, tapi batasi konsumsinya dengan menikmatinya pada piring kecil. Tapi jangan ambil lagi berkali-kali setelahnya, ya.

Baca juga: 

Ingin Membakar Kalori Pasca Lebaran? Ini Jumlah Langkah Yang Harus Ditempuh Setiap Hari 

3. Pilih-pilih makanan
“Ketika makan ayam opor, pilih bagian dada karena lemaknya lebih sedikit ketimbang sayap, paha atas, atau paha bawah,” saran Nadya. Ia juga menambahkan bahwa lebih baik lagi jika kita menggunakan protein hewani dari ikan.

4. Imbangi dengan aktivitas fisik
“Biar lebih dekat dengan keluarga dan badan kita lebih aktif bergerak, sebaiknya pilih jalan kaki saja kalau jarak kunjungan silaturahmi Anda kurang dari satu kilometer,” sarannya lagi. 

Selain empat poin tersebut, Nadya juga menekankan pentingnya kemampuan mengendalikan diri saat Lebaran. Ini karena kondisi medis dan target kesehatan setiap orang yang berbeda-beda. “Jadi bisa dikira-kira, kalau makan rendang segini, saya harus melakukan aktivitas fisik sebanyak apa untuk mengimbanginya. Kalau paham soal ini, kita akan lebih sadar lagi dengan makanan yang kurang baik bagi kita,” tandasnya.

Cover dan foto: 123rf

Tag:
Lebaran, tips sehat, womantalk class
  • share line
  • share bbm
heart 5 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK