Ternyata Khasiat Air Lemon Tak Sehebat Yang Dielu-elukan
Health & Fitness

Ternyata Khasiat Air Lemon Tak Sehebat Yang Dielu-elukan

Air lemon adalah salah satu minuman murah meriah yang disebut-sebut banyak manfaat terutama jika diminum di pagi hari, mulai dari membantu detoksifikasi tubuh, ‘membangunkan’ sistem pencernaan, mempercantik kulit, hingga membantu proses penurunan berat badan. Banyak lifestyle atau health blogger rutin meminumnya apakah berarti khasiatnya sehebat itu?

(Sumber: gardencollage)

Menurut Dr. Lisa Young, profesor bidang nutrisi dari New York University Steinhardt School of Culture, Education, and Human Development, tidak juga. “Satu-satunya khasiat terbesar dari air lemon adalah membantu tubuh tetap terhidrasi. Tapi tanpa lemon, air biasa pun bisa melakukannya. Air lemon juga tidak menghilangkan toksin dari tubuh, sebab itu adalah tugas dari liver,” jelas Dr. Young. 

Ia melanjutkan, “Air lemon memang menenangkan dan baik untuk pencernaan, tapi sekali lagi, air minum biasa juga bersifat demikian. Satu-satunya kelebihan air lemon adalah rasanya yang lebih segar dari air biasa dan adanya sedikit vitamin C dari perasan lemon.” Namun, keberadaan vitamin C ini tidak terlalu signifikan karena jumlah perasan lemon yang terminum pun tak banyak. Anda tak mungkin memeras 2 buah lemon sekaligus ke dalam sebotol air, kan? Anda bisa mendapatkan vitamin C lebih banyak dari memakan buah jeruk atau minum smoothies buah-buahan.

Smoothies lemon stroberi, vitamin C-nya lebih tinggi. (Sumber: kitchentreaty)

Dr. Young sendiri mengakui suka air lemon, tapi bukan untuk manfaat yang selama ini banyak disebutkan. “Saya suka minum air lemon karena rasanya menyegarkan, itu saja. Saya juga lebih suka meminumnya di malam hari untuk merilekskan tubuh ketimbang minum di pagi hari,” ujarnya.

Sumber cover: 123rf

 

  •   0
  •   Komentar ( 0 )