Suhu Udara Semakin Panas, Angka Kematian Akibat Bunuh Diri Kian Tinggi, Apa Kaitannya?

1539414019222
  • share line
  • share bbm
Suhu Udara Semakin Panas, Angka Kematian Akibat Bunuh Diri Kian Tinggi, Apa Kaitannya?

Cuaca yang kian memanas membawa dampak terhadap banyak hal, seperti kesehatan tubuh dan kualitas lingkungan sekitar. Namun, sejumlah peneliti meyakini bahwa udara panas juga berkaitan dengan melonjaknya angka kasus bunuh diri. Mengapa demikian?

Dalam jurnal Nature Climate Change, sebuah studi dari Stanford University menemukan, setiap kali suhu udara naik 1 derajat Celsius, angka kasus bunuh diri juga ikut naik sekitar 0,7% di AS dan 2,1% di Meksiko. Para peneliti juga menemukan, melalui pengamatan terhadap lebih dari 600 juta postingan di media sosial, tingkat kebahagiaan cenderung menurun saat cuaca panas. Jika pemanasan global terus berlanjut, diprediksi akan ada sekitar 40.000 orang yang bunuh diri di kawasan AS dan Meksiko pada tahun 2050.

Hal ini memang baru sekedar hipotesis, namun ini bukan kali pertama cuaca panas dikaitkan dengan kasus bunuh diri. Seperti dilansir laman India Times, sebuah penelitian dari tahun 1800an menyebutkan bahwa kasus bunuh diri cenderung lebih sering terjadi di musim panas. Diduga karena udara yang panas membuat pikiran juga menjadi lebih cepat "panas".

Cuaca panas membuat pikiran ikut "panas" (Sumber: Skinny Runner)

Kematian akibat bunuh diri dipicu oleh banyak hal, seperti beban finansial, penyakit yang tidak kunjung sembuh, sampai permasalahan di keluarga, tempat kerja, atau lingkungan pergaulan. Lewat hasil riset ini, para peneliti atau pakar di bidang yang bersangkutan dapat mencari cara agar mencegah kasus bunuh diri kian melonjak.

Sayangnya, penelitian ini hanya mengamati kasus bunuh diri di kawasan AS dan Meksiko saja. Belum diketahui apakah efeknya juga sama untuk kawasan tropis dengan cuaca panas sepanjang tahun, seperti di Indonesia.

(Sumber cover: NBC News)

Tag:
bunuh diri, pemanasan global, global warming, penelitian, riset, kematian
  • share line
  • share bbm
heart 4 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK