Sering Tertidur Saat Meditasi? Cegah dengan 4 Cara Ini!

1536987613113
  • share line
  • share bbm
Sering Tertidur Saat Meditasi? Cegah dengan 4 Cara Ini!

Niatnya ingin bermeditasi agar dapat mengisi pikiran dengan hal-hal positif. Namun, begitu mata menutup, Anda bernapas dalam-dalam, lalu mendengarkan suara instruktur yang lembut, 30 menit kemudian Anda tergagap karena sadar telah tertidur. Mengapa meditasi justru terasa seperti meninabobokan dan Anda tertidur dalam waktu singkat?

Baca juga:

Benarkah Meditasi Malah Membuat Anda Jadi Marah?

Ternyata, Anda bukan satu-satunya orang yang mengalaminya. Salah satu penyebab Anda tertidur saat meditasi sederhana saja: memang sulit menemukan keseimbangan antara fokus dan relaksasi, khususnya saat pertama kali mempraktikkan hal ini. Kalau Anda terlalu rileks, sesi meditasi bisa berakhir jadi tidur. Jika terlalu fokus, Anda pun jadi sedikit tegang.

(Sumber: Restorative Yoga Teachers)Terlepas dari bagaimana menemukan keseimbangan antara fokus dan relaksasi, yang butuh waktu lama untuk latihan, penyebab lain Anda jadi tertidur sebenarnya sudah jelas. Menurut Melbourne Meditation Centre (MMC), kehilangan kesadaran artinya tubuh sedang mencoba mendapatkan apa yang kurang. Kalau Anda tidak tidur cukup setiap malam (yaitu 7-9 jam sehari), wajar kalau Anda mendadak tertidur ketika merasa nyaman, rileks, dan menutup mata.

(Sumber: Evolve Wellness Centre)Kalau Anda bermeditasi pada jam-jam di mana energi Anda berkurang, misalnya setelah makan siang, setelah bekerja, begitu bangun pagi, atau sebelum tidur, maka tidak heran kalau tubuh langsung menuntut istirahat yang memang Anda perlukan.

Agar tidak langsung tertidur saat meditasi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan

1. Hindari jam-jam ketika energi Anda melemah
Seperti telah disebut tadi, jam-jam yang dimaksud adalah menjelang tidur atau begitu bangun tidur, setelah makan atau setelah bekerja. Kalau Anda tidak memberi waktu pada tubuh untuk menyesuaika diri, sudah pasti Anda akan tertidur lagi.

(Sumber: The Spread)2. Hirup udara segar
MMC menyarankan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif terhadap kewaspadaan Anda. Caranya, buka jendela lebar-lebar, dan biarkan udara segar masuk. Begitu Anda merasakan angin yang menyegarkan, tubuh pun langsung bugar.

Baca juga:

Mengusir Rasa Sakit Dengan Meditasi, Coba Yuk?

3. Minum air sebelum meditasi
Minum air putih akan menyegarkan tubuh dan meningkatkan energi. Menurut Project Meditation, minum air juga bisa melawan kantuk. Namun, jangan minum terlalu banyak karena hanya akan membuat Anda bolak-balik ke toilet.

(Sumber: Yoga Journal)4. Jangan berbaring
Siapa yang tidak pernah tertidur saat sesi meditasi sambil berbaring? Justru posisi ini membuat Anda paling cepat terlelap. Lebih baik, cari tempat yang nyaman untuk duduk.

Tag:
meditasi, yoga, tipsmeditasi, tertidursaatmeditasi, tidur, relaksasi
  • share line
  • share bbm
heart 3 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK