Sering Sulit Bangun Tidur di Pagi Hari, Bisa Jadi Tanda Dari Kondisi Serius

1541844016564
  • share line
  • share bbm
Sering Sulit Bangun Tidur di Pagi Hari, Bisa Jadi Tanda Dari Kondisi Serius

Bagi seseorang yang bukan morning person, harus bangun tidur di pagi hari untuk memulai aktivitas kadang rasanya memang berat sekali. Namun, jika Anda sering merasa sulit sekali bangun tidur dan meninggalkan kasur, mungkin sudah seharusnya Anda waspada.

Susah bangun tidur bisa jadi dikarenakan dysania, yaitu gangguan yang dirasakan orang saat mereka kesulitan bangun tidur di pagi hari. Sayangnya, meski termasuk gangguan, dysania sampai sekarang belum diakui secara medis.

(Sumber: Business Insider)

Penderitanya biasanya harus berjuang untuk meninggalkan kenyamanan kasur, bahkan mereka bisa tetap di tempat tidur selama berhari-hari. Mereka sulit sekali bangun tidur meskipun sebenarnya memiliki komitmen atau pekerjaan di dunia luar. Mereka justru merasa cemas saat berpikir untuk bangun dan mendengar alarm berbunyi.



Orang yang menderita dysania, atau juga dikenal sebagai clinomania, harus sesegera mungkin menemui dokter karena kondisi tersebut sering menjadi tanda kondisi lain yang lebih serius, seperti depresi, sindrom kelelahan kronis, atau fibromyalgia atau rasa sensitif pada otot.

Karena sampai sekarang dysania tidak diakui secara medis, maka penjelasan medis mengenai kondisi ini juga belum terlalu jelas. Namun, tanda yang paling bisa dilihat dari orang dengan dysania adalah selalu merasa lelah, merasa enggan bangun tidur, dan bisa tinggal di tempat tidur selama berhari-hari.

(Sumber: Bonobology.com)

Jika rasa malas yang Anda rasakan saat bangun tidur sudah terlalu sering dan kelewatan, mungkin sudah saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter, ya.

Cover: Le Jardin

Tag:
bangun tidur, kondisi, penyakit, gangguan, dysania, depresi, cemas
  • share line
  • share bbm
heart 3 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK