Senang Membunyikan Buku-Buku Jari? Ini Bahayanya

1531537221925
  • share line
  • share bbm
Senang Membunyikan Buku-Buku Jari? Ini Bahayanya

Sedikit pengakuan, saya termasuk orang yang suka membunyikan buku-buku jari. Tahu, kan, menggemeretakkan jari-jemari hingga berbunyi “krak, krak” seperti itu? Tidak sering, sih, paling dalam sehari hanya sekali-dua kali. Banyak yang bilang, kebiasaan itu bikin sendi-sendi rusak bahkan jadi artritis atau peradangan sendi. Benar tidak, ya?

Baca juga: 

Tips Menghindari Sakit Ketika Traveling

Kalau Anda juga punya ‘hobi’ yang sama dan ingin tahu apakah kebiasaan itu berbahaya, ternyata jawabannya antara ya dan tidak. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di Harvard Health Publishing, menggemeretakkan buku-buku jari tidak akan membuat Anda berisiko kena artritis. Bunyi “krak, krak” yang dihasilkan sebenarnya adalah gelembung pada cairan synovial (cairan yang melumasi sendi) yang pecah, yang tak ada hubungannya dengan sendi meradang.

(Sumber: davidwolfe)

Akan tetapi, kebiasaan ini juga punya efek negatif. Menurut artikel yang sama, membunyikan buku-buku jari terlalu sering dapat mengakibatkan penurunan kekuatan genggaman tangan. Cedera juga bukannya tak pernah terjadi gara-gara hal ini. Pernah dilaporkan bahwa ada orang yang jarinya patah karena terlalu ‘semangat’ membunyikan jari.

Kesimpulannya? Sebaiknya hentikan kebiasaan ini. *bicara di depan cermin*

Cover: rd

Tag:
jari, membunyikan jari
  • share line
  • share bbm
heart 4 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK