Remeh Tetapi Bikin Gemas, Ini Efek Samping dari Cuci Tangan Berlebihan

1541894418509
  • share line
  • share bbm
Remeh Tetapi Bikin Gemas, Ini Efek Samping dari Cuci Tangan Berlebihan

Pentingnya sering mencuci tangan dengan baik dan benar tentu tak perlu dijelaskan lagi, bukan? Mencuci tangan dengan tepat adalah salah satu cara terbaik menjaga kesehatan. Sebuah studi yang dimuat di Journal of Environmental Health saja menyatakan bahwa tangan yang tidak dicuci dengan baik menyumbang 50% kasus penyebaran wabah penyakit menular.

(Sumber: dailymail)

Akan tetapi, rupanya ada satu efek kurang menyenangkan yang mungkin ditimbulkan akibat terlalu sering cuci tangan. Paparan berulang pada air dan sabun, selembut apapun itu, berpotensi membuat kulit tangan lebih kering. Tak heran, rata-rata orang dengan profesi yang mengharuskan untuk banyak cuci tangan biasanya memang memiliki tangan yang kering bahkan cenderung kasar, seperti juru masak, staf rumah sakit seperti suster, ataupun seseorang yang memang merasa harus cuci tangan sering-sering (*tunjuk tangan*).



‘Cuma’ kulit kering, tinggal pakai pelembap. Rupanya ada lagi masalahnya. Dokter kulit asal AS dr. Dana Stern mengatakan, masalah hangnail sering ia temui pada orang-orang yang kulit tangannya sangat kering akibat sangat sering cuci tangan. Apa itu hangnail? Sisi kiri atau kanan kuku yang tampak akan terlepas, itulah hangnail. Sebenarnya yang tampak akan copot itu bukanlah bagian kuku, melainkan kutikula.

(Sumber: wiki)

Walau sebenarnya masalah ini tidak terlalu berbahaya, hangnail yang sering dikelupas paksa (gara-gara gemas) sampai terasa perih rentan menimbulkan infeksi akibat masuknya bakteri dari luka paksaan tersebut. Kalau memang Anda sering hangnail, jangan cuci tangan yang dikurangi frekuensinya, tetapi persering pakai pelembap dan gunting perlahan kutikula yang mau copot itu dengan gunting kutikula. Tak terlalu susah, kan?

Cover: thoughtco

Tag:
cuci tangan, kuku, hangnail
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK