Penderita Diabetes Jangan Konsumsi Buah Ini

1507908611004
  • Share
Penderita Diabetes Jangan Konsumsi Buah Ini

Selain sayur, buah tentu saja baik untuk tubuh karena mengandung banyak air dan serat yang baik untuk kesehatan. Tapi, itu untuk orang normal yang tidak memiliki masalah dengan kesehatannya.

Bagi para penderita diabetes yang kadar gula dalam darahnya sulit untuk dikontrol, tidak sembarangan buah bisa dikonsumsi. Memakan buah yang salah, bisa-bisa gula darah langsung melonjak tinggi dan bisa berakibat buruk. Apalagi jika dikonsumsi terlalu banyak. Nah, buah apa sajakah itu? Ini daftarnya.

Pisang

Buah ini umumnya sering disajikan sebagai pencuci mulut di berbagai acara. Karena harganya yang cukup murah dan mudah didapat, banyak orang yang menyukai buah ini. Tapi sayangnya, kandungan gula dalam pisang yang cukup tinggi, yaitu sekitar 46-70 mg/dL, membuatnya tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

enak dan mengenyangkan tapi bahaya untuk penderita diabetes (hiamag)

Baca juga: 

Bolehkah Penderita Diabetes Mengkonsumsi Wine?

Nanas

Selain pisang, nanas juga memiliki kadar gulanya yang tinggi. Selain itu, buah yang kulitnya tajam ini juga tidak baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena dalam seporsi kecil nanas bisa mengandung sekitar lebih 20 gram karbohidrat. Hal ini tentu saja tidak baik untuk para penderita diabetes.

(Sumber: pixabay)

Semangka

Saat cuaca panas, buah yang kaya akan vitamin A dan C ini memang sangat menyegarkan untuk dikonsumsi. Namun kandungan gula dalam semangka sangat tinggi, bahkan melebihi yang terdapat pada pisang, yaitu sekitar 72 mg/dL. Kadar serat dan kalori dalam semangka juga rendah sehingga tidak terlalu memiliki manfaat jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

enak dimakan saat cuaca panas tapi kandungan gulanya terlalu tinggi (style craze)

Baca juga: 

Kelola Diabetes Dengan Rutin Periksa Kadar Gula Darah Mandiri

Pepaya

Mengandung kadar gula sekitar 59 mg/dL, membuat pepaya juga menjadi buah yang sebaiknya dihindari oleh para penderita diabetes. Meskipun bagus untuk pencernaan, tapi kandungan gulanya cukup berbahaya. Jika ingin melancarkan pencernaan, untuk mengganti pepaya bisa memilih buah apel.

(Sumber: pixabay)Mangga

Jika ingin sesekali makan buah mangga saat sedang musimnya, tidak jadi masalah untuk para penderita diabetes. Tapi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus-menerus, maka kadar gula dalam darah akan melonjak dan hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan mereka.

kalau sedang musim mangga, boleh deh coba sedikit asal tal berlebihan (expert blog)

 

Tag:
buah, makanan, diabetes, penyakit, gula, kandungan, tinggi, bahaya, hindari, penderita
  • Share
3 People liked this
LIKE
BOOKMARK