Orang yang Depresi Membuat Usia DNA Mereka Lebih Tua Dari Orang Normal

1541890818373
  • share line
  • share bbm
Orang yang Depresi Membuat Usia DNA Mereka Lebih Tua Dari Orang Normal

As we all know, depresi bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Sekarang, sebuah penelitian menambahkan bukti baru dampak negatif dari depresi, yaitu membuat usia DNA penderitanya lebih tua dari orang normal atau yang tidak menderita depresi.

Para peneliti di VU University Medical Center, Amsterdam, menyebutkan bahwa DNA penderita depresi bisa berusia delapan bulan lebih tua dari orang sehat. Bahkan, dalam kasus depresi yang paling parah, materi genetik seorang penderita bisa mencapai 15 tahun lebih tua daripada mereka yang tidak memiliki kondisi kesehatan mental.

(Sumber: Pngtree)

Mereka yang mengalami trauma saat anak-anak, seperti pengabaian emosional, pelecehan seksual, dan kekerasan fisik, disebut oleh peneliti sebagai yang paling ‘tua secara berusia biologis’. Rata-rata, mereka yang mengalami trauma masa kanak-kanak memiliki usia DNA 1,06 tahun lebih tua dari orang normal.



Penelitian dilakukan dengan menganalisis 811 pasien depresi dan 319 orang tanpa kondisi kesehatan mental, melalui kuesioner, wawancara psikiatri, dan sampel darah. Usia DNA menjadi tolak ukur para peneliti karena materi genetik tersebut adalah indikator usia biologis seseorang.

(Sumber: Daily Mail)

Profesor Katharina Domschke dari Universitas Freiburg, Jerman, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan, “Hasil penelitian ini sangat penting karena menandakan dampak biologis dari trauma dan depresi pada tingkat epigenetik, dan kebutuhan untuk menggunakan intervensi penanganan medis secara dini pada penderita.”

Cover: truththeory.com

Tag:
depresi, usia, DNA, kesehatan mental, trauma, kekerasan fisik, pelecehan
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK