Menurut Penelitian, Ini Tips Aman Menggunakan Obat Nyamuk Bakar

1541767213617
  • share line
  • share bbm
Menurut Penelitian, Ini Tips Aman Menggunakan Obat Nyamuk Bakar

Membakar tumbuhan yang memiliki aroma untuk mengusir nyamuk sebenarnya telah menjadi bagian dari berbagai tradisi budaya di berbagai belah dunia. Namun, menurut The Conversation, baru di awal tahun 1900, obat nyamuk bakar diciptakan oleh Ueyama Eiichiro and Fukuzawa Yukichi yang dikenal dengan nama katori senko. Zaman dulu, gulungan hijau terbuat dari bunga Krisan tetapi kini obat nyamuk modern menggunakan bahan yang mengandung insektisida piretroid atau tanaman sereh atau perdu. 

Sumber: Reader's Digest

Sedangkan di Indonesia, nyamuk kerap menjadi ancaman kesehatan serius. Delapan dari 10 penduduk masih tinggal di area nyamuk pembawa penyakit seperti demam berdarah, Chikungunya, atau virus Zika berkembang biak. Menurut data dari Enviromental Health Perspective (EHP), Indonesia menghabiskan 7 miliar obat nyamuk bakar setiap tahunnya. Empat dari 10 rumah tangga di Indonesia masih menggunakan obat nyamuk bakar untuk perlindungan diri dari gangguan nyamuk. Pertimbangan utama orang menggunakan obat nyamuk bakar dikarenakan harga produk yang ekonomis dan secara umum, efektif mengurangi gigitan nyamuk



Namun, apakah obat nyamuk bakar baik untuk kesehatan? Cameron Webb, kepala penelitian University of Sydney membagikan tips ilmiah dan aman yang menyangkut penggunaan obat nyamuk bakar ini.

Kredit foto: Godrej

1. Pilih obat bakar yang menghasil sedikit asap
Sebuah studi memperkirakan partikel yang dihasilkan dari membakar satu obat nyamuk bakar setara dengan membakar 75-137 batang rokok. Angka ini jelas mengkhawatirkan. Itu sebabnya, Cameron menegaskan, paparan asap obat nyamuk bakar dalam jangka panjang sebaiknya dihindarkan. "Bagi rumah tangga yang berada di daerah tropis yang terdapat musim banyak nyamuk, kurangi penggunaan obat nyamuk bakar di ruang tertutup dalam waktu terlalu lama. Dengan bantuan kecanggihan teknologi, pilih produk obat nyamuk bakar yang meminimalisasi asap seperti lilin, stik, atau kawat karton berbentuk piramida," terang peneliti merangkap dosen di kampus yang sama.

Sumber: Amazon



2. Perhatikan bahan insektisida yang berada dalam obat nyamuk bakar.
Sebagai produk yang bertujuan membunuh atau mengusir nyamuk, Cameron menyarankan hanya menggunakan produk komersial yang telah terdaftar oleh pemerintah. Selain itu, perhatikan label tentang kandungan partikel yang terdapat dalam obat nyamuk bakar tersebut. Konsumen sebaiknya cermat memperhatikan kemasan. Beberapa produk yang beredar di Australia mengandung insektisida Metofluthrin, yang berpotensial mengurangi penyakit yang disebabkan nyamuk."

Kredit foto cover: Cameron Webb

Tag:
Nyamuk, Obat nyamuk bakar, Aman, Zika, Demam berdarah
  • share line
  • share bbm
heart 3 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK