Makan Cepat-Cepat Tingkatkan Risiko Stroke dan Sakit Jantung

1510724405487
  • Share
Makan Cepat-Cepat Tingkatkan Risiko Stroke dan Sakit Jantung

Apakah Anda termasuk orang yang makan dengan cepat atau lambat? Kecepatan makan tergantung pada kecepatan mengunyah makanan, dan menurut studi, orang yang mengunyah makanan dengan cepat memiliki peningkatan risiko berbagai penyakit.

Baca juga: 

Serangan Jantung Bisa Terjadi Kapan Saja, Termasuk Saat Tidur. Ini Gejalanya!

Ilmuwan dari Hiroshima University meneliti 1000 orang pria dan wanita dan menemukan bahwa 2,3% dari orang-orang yang mengunyah makanan dengan perlahan dan santai mengalami kegemukan, diabetes, atau tekanan darah tinggi; 6,5% dari orang-orang yang mengunyah makanan dengan sedang-sedang saja (tidak cepat atau lambat) mengalami kegemukan, diabetes, atau tekanan darah tinggi; dan 11,6% pengunyah cepat yang menderita penyakit-penyakit tersebut. Pengunyah cepat juga punya risiko 5 kali lebih tinggi terkena stroke dan serangan jantung.

(Sumber: naturallyspeakingfoods)

Dr. Takayuki Yamaji, salah satu peneliti dalam studi tersebut, menekankan bahwa cara seseorang makan juga tak kalah penting dengan apa yang dimakan. Ia menyimpulkan, semakin lambat mengunyah makanan, semakin rendah pula kemungkinan terkena berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, stroke, dan sakit jantung. Namun pastikan juga makanan yang dikonsumsi adalah makanan sehat, ya.

Cover: netdoctor

Tag:
makan, kunyah
  • Share
3 People liked this
LIKE
BOOKMARK