Lakukan Pertolongan Pertama Ini pada Penderita Hipotermia Sambil Menanti Bantuan Medis Tiba

1526628609664
Lakukan Pertolongan Pertama Ini pada Penderita Hipotermia Sambil Menanti Bantuan Medis Tiba

Normalnya, suhu tubuh kita berada pada 37 derajat selsius, namun pada kondisi hipotermia, suhu ini menurun hingga di bawah 35 derajat selsius. Menurut WebMD, pada orang dewasa, gejala hipotermia ditandai dengan rasa pusing dan lapar, mual, serta menggigil dan napas yang cepat. Orang yang terkena hipotermia juga mengalami sulit bicara, kebingungan, hilang koordinasi, merasa lelah, serta jantung berdetak lebih cepat. Sementara itu, hipotermia pada bayi ditandai dengan kulitnya yang memerah dan tangisannya yang terdengar lemah.

Baca juga: 

Kenali Isyarat Bayi Untuk Cegah Hipotermia

Dampak dari hipotermia adalah organ tubuh seperti jantung dan sistem saraf yang tidak mampu bekerja dengan baik. Seseorang juga bisa terserang gagal jantung dan sistem pernapasan jika kondisi ini terus berlangsung. Panggil segera bantuan medis untuk menolong orang tersebut, dan lakukan pertolongan pertama berikut ini saat menunggu bantuan medis tiba.

1. Beri rasa hangat secara perlahan
Caranya dengan memindahkan orang tersebut ke ruangan yang lebih hangat dan kering, dan lepas pakaian yang basah darinya. Hangatkan terlebih dahulu bagian atas tubuh, dari kepala, leher, hingga kedua lengan, dan lakukan secara perlahan karena penghangatan ekstrem yang mendadak bisa mengejutkan dan menyebabkan aritmia pada jantung.

Hangatkan tubuh dan beri minuman hangat, namun hindari alkohol dan kafein (foto: Unsplash)

Baca juga: 

Waspada Jantung Berdebar dan Lelah Berkepanjangan, Mungkin Itu Gejala Penyakit Aritmia!

2. Bantu dengan pernapasan buatan (CPR)
Kalau seseorang dengan hipotermia tersebut tidak bernapas, bantu dengan pernapasan buatan dengan segera. Hipotermia menyebabkan penurunan fungsi pernapasan dan detak jantung juga mungkin sulit dideteksi. Beri CPR hingga orang tersebut bernapas kembali dan bantuan medis datang.

Beri bantuan CPR hingga orang tersebut bisa kembali bernapas (foto: Red Cross UK)3. Beri minuman hangat
Jika seseorang tersebut sudah sadar, beri minuman hangat, namun hindari minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

Baca juga: 

Merasa Cemas Berlebih? Lakukan 5 Langkah Ini Agar Lebih Tenang

4.  Pertahankan suhu hangat
Setelah suhu tubuh orang tersebut meningkat, pertahankan dengan membalut tubuhnya dengan selimut kering dan hangat. Balut juga bagian kepala dan lehernya, namun biarkan bagian wajah tetap terbuka. Berbagi suhu hangat dengan kontak kulit juga membantu meningkatkan suhu tubuh, misalnya dengan berpelukan di bawah selimut.

Cover: Unsplash

Tag:
hipotermia, pertolongan pertama, first aid
4 People liked this
LIKE
BOOKMARK