Kenali Dan Cegah Bau Kaki Melekat Pada Anda Dengan 5 Cara Berikut Ini

1526639409828
Kenali Dan Cegah Bau Kaki Melekat Pada Anda Dengan 5 Cara Berikut Ini

Siapa di antara Anda yang kakinya bau? Wah, Anda pasti malas kalau harus mampir ke sebuah tempat yang meminta Anda melepas alas kaki. Nanti malah bau kaki Anda memenuhi ruangan. Yuk, cegah dengan 5 cara berikut.

Baca juga: 

4 Cara Mudah Mengatasi Tumit Kaki Pecah-Pecah

Penyebab bau kaki bukan hanya karena Anda malas ganti kaus kaki. Ada beberapa penyebab lainnya, salah satunya karena kondisi kaki yang lembap karena tertutup sepatu dan kaus kaki sepanjang hari. Hal ini membuat bakteri berkembang biak di situ. 

Alasan lainnya adalah Anda selalu menggunakan sepatu dan kaus kaki yang sama selama berhari-hari dan tidak mencuci kaki tiap hari. 

Sumber: Healthy Builderz

Kondisi seseorang yang tengah stres, terus berdiri sepanjang hari, mengalami hiperhidrosis, sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, hingga menderita kurap kaki atau athlete’s foot adalah jajaran orang yang mungkin terserang bau kaki.

Nah, untuk mencegah agar kaki Anda tidak bau, cobalah 5 tips mudah berikut ini.

1. Gunakan sepatu yang berbeda
Usahakan Anda memiliki sepatu lebih dari satu. Kalau tidak, bergantianlah menggunakan sepatu dengan sandal atau sepatu terbuka untuk aktivitas sehari-hari. Sepatu jadi lebih mudah bernapas dan dapat dicuci saat tidak digunakan sehingga tidak menjadi sarang bakteri.

Sumber: Flickr

2. Pilih bahan sepatu yang tepat
Sebaiknya pilih sepatu yang terbuat dari bahan kulit atau kanvas yang lebih menyerap keringat, dan hindari sepatu dari bahan plastik yang bisa membuat keringat di kaki berkumpul dan jadi sarang bakteri.

Baca juga: 

Bau Kaki? Ini Cara Mengusirnya

3. Pakai kaus kaki yang tepat
Usahakan untuk memakai kaus kaki yang terbuat dari bahan wol atau katun yang dapat menyerap keringat dengan sempurna. Pastikan juga Anda menggantinya setiap hari.

Sumber: Barefoot

4. Jaga kebersihan kaki
Rutinlah menggunting kuku kaki Anda secara teratur. Saat mandi, cuci sela-sela jari kaki Anda dengan sabun atau scrub agar sel-sel kulit mati di kaki menghilang. Setelah selesai, keringkan kaki dengan menggunakan handuk kering dan lakukan secara merata.

Sumber: Reader's Digest

5. Gunakan antiperspiran
Semprotkan produk antiperspiran ke area kaki untuk mencegah keluarnya keringat berlebih penyebab bau kaki. Ada dua jenis produk antiperspiran yang ada di pasaran, yaitu semprot dan bedak antijamur khusus untuk kaki. Pilih yang mudah dan nyaman digunakan pada kaki Anda.

Cover: Health Cautions

Tag:
bau, kaki, baukaki, cegah, tips
3 People liked this
LIKE
BOOKMARK