Kenali 7 Gejala Dini Kanker Ovarium Yang Sering Luput Dari Perhatian

1497936621945
  • Share
Kenali 7 Gejala Dini Kanker Ovarium Yang Sering Luput Dari Perhatian

Tahukan Anda bahwa kanker ovarium adalah kanker urutan kelima yang paling umum serta menyerang 1 dari 72 wanita? Patut Anda ketahui bahwa kanker ovarium lebih mudah untuk diatasi jika terdeteksi sejak awal.

Menurut Ovarian Cancer Research Fund Alliance (OCRFA), banyak gejala dari kanker ovarium ternyata merujuk pada hal lain. Tetapi jika perubahan yang dirasakan tubuh Anda dibandingkan biasanya dan bertahan untuk waktu yang lama, Anda patut mencurigainya. Berikut 7 gejala dini dari kanker ovarium:

1. Perut kembung yang tidak dapat dijelaskan
Selain kembung yang tak kunjung hilang, Anda juga dapat mengalami tekanan dan rasa nyeri di perut bagian bawah. Gejala ini merupakan gejala yang paling sering disebut berdasarkan pernyataan konsensus yang dikumpulkan oleh OCRFA dan lembaga riset lainnya. Jika hal ini terjadi di luar kebiasaan, segera temui dokter untuk memeriksakannya.

Sumber: womenshealthmag

2. Sulit makan dan cepat merasa kenyang
Hilangnya nafsu makan harus selalu dicurigai karena biasanya merupakan tanda dari suatu penyakit. Jadi saat Anda benar-benar kehilangan nafsu makan atau merasa kenyang yang tidak nyaman, perhatikan gejala-gejalanya. Jika terjadi terus menerus, segera pergi ke dokter.

Sumber: momjunction

3. Nyeri panggul dan perut
Nyeri di luar jadwal menstruasi? Segera cek ke dokter!

Sumber: healthtap

4. Perubahan pada pola buang air kecil
Menurut pakar, gejala umum pada kanker ovarium adalah frekuensi buang air kecil yang meningkat jauh dan lebih mendesak.

Sumber: edostatenewsonline

5. Perubahan pada menstruasi
Sesungguhnya tubuh Anda bisa memberikan banyak petunjuk jika Anda memerhatikan dengan saksama, terutama siklus menstruasi. Jika menstruasi Anda mendadak jadi sering lebih ‘berat’, tidak usah buang waktu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Sumber: menstruation info

6. Sulit tidur
Insomnia sesekali adalah hal yang wajar, tetapi jika kebiasaan tidur Anda berubah drastis maka ini adalah hal yang mengkhawatirkan. Anda kesulitan untuk terlelap dan merasa kelelahan keesokkan harinya, ini adalah salah satu tanda yang perlu diperhatikan.

Sumber: shawellnessclinic

7. Nyeri pinggang yang hebat
Anda sering lupa bahwa posisi rahim sangatlah dekat dengan pinggang. Jika organ reproduksi Anda bermasalah, pinggang Anda juga terkena imbasnya. Ingat nyeri pinggang saat menstruasi yang menyebalkan itu? Jika Anda merasakan nyeri pinggang yang tak kunjung hilang dan mengganggu aktivitas Anda, get it checked out.

Sumber: naturalcure

Meski Anda perlu untuk mengenali gejalanya, tidak berarti Anda harus panik jika mendapati sedikit nyeri atau ketidaknyamanan yang mungkin Anda alami. Jadi, dengarkan tubuh Anda dengan saksama ya.
 
Cover: 123RF

 

Tag:
ovarium, kanker, kesehatan, penyakit
  • Share
8 People liked this
LIKE
BOOKMARK