Kebiasaan Jalan Anda Bisa Deteksi Besarnya Risiko Penyakit Jantung

1507881611058
  • Share
Kebiasaan Jalan Anda Bisa Deteksi Besarnya Risiko Penyakit Jantung

Tipe seperti apakah Anda saat berjalan kaki? Suka yang berjalan santai atau justru senang berjalan cepat-cepat? Kebiasaan ini ternyata bisa mendeteksi seberapa besar risiko Anda terkena penyakit jantung.

Menurut para peneliti, orang dewasa yang senang berjalan pelan-pelan, dua kali lebih besar kemungkinan terserang penyakit pembunuh terkenal di dunia, yaitu jantung. Mereka yang berjalan cepat dipercaya lebih senang berolahraga. Hal itu membuat fisik mereka lebih bugar dan terlindungi dari tekanan darah tinggi, obesitas dan kemalasan, yaitu tiga penyebab utama dari penyakit jantung.

Baca juga: 

Ternyata, Inilah Alasan Pria Lebih Rentan Terkena Jantung Koroner

Penelitian yang dipimpin oleh Universitas Leicester ini menganalisis berdasarkan data dari lebih dari 420 ribu orang, selama enam tahun. Selama jangka waktu tersebut, terjadi 1654 kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Orang-orang yang yang dilaporkan lambat saat berjalan kaki memiliki risiko antara 1,8-2,4 kali lebih besar kemungkinan meninggal karena penyakit jantung, selama periode tersebut.

jangan suka jalan lambat seperti kura-kura ya.. (youtube image)

“Kecepatan seseorang dalam berjalan dilaporkan dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu yang memiliki kebugaran fisik dengan risiko kematian rendah. Pasien dengan kondisi ini akan mendapat manfaat dari intervensi latihan fisik yang dijalani sehingga dapat mengurangi risiko kematian diri,” jelas Profesor Yates, pemimpin penelitian ini.

Penyakit jantung sendiri umumnya disebabkan oleh tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan obesitas. Penyakit ini telah membunuh sebanyak 8,76 juta orang di seluruh dunia pada tahun 2015. Bahkan, penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian di Amerika Serikat dan kedua setelah demensia di Inggris.

Baca juga: 

Cegah Penyakit Jantung Dengan Kebiasaan Sehat ini!

senang olahraga jalan? tak masalah, asal perhatikan kecepatan (weightloss)

Uniknya, dalam kongres European Society of Cardiology, para ilmuwan menemukan dalam sebuah studi bahwa orang yang sudah menikah memiliki kemungkinan 14% lebih besar bertahan dari serangan jantung, dibanding mereka yang masih lajang.

Nah, buat yang masih single, cepat-cepat cari pasangan untuk jadi partner saat berjalan agar terhindar dari penyakit jantung, ya.

 

Tag:
obesitas, olahraga, kemalasan, jalan, santai, lambat, penyakit, jantung, cepat
  • Share
7 People liked this
LIKE
BOOKMARK