Jaga Tubuh Saat Berolahraga Di Hari Yang Panas
Health & Fitness

Jaga Tubuh Saat Berolahraga Di Hari Yang Panas

Memasuki musim panas tentu bukan halangan bagi Anda yang gemar olahraga untuk rutin melakukan aktivitas sehat yang satu ini. Berlari di lapangan, jogging keliling komplek, atau melakukan olahraga HIIT rasanya tak mungkin dilewatkan hanya karena masalah cuaca.

Sumber: Gifs Lair

Meski begitu, yang paling penting saat olahraga adalah mendengarkan tubuh Anda. "Beristirahatlah jika tubuh mulai merasa lelah dan kepanasan. Tidak masalah jika Anda mengambil sesi istirahat lebih panjang, daripada harus memaksakan tubuh," ungkap Leandro Carvalho, seorang Beachbody Supercoach dan trainer olahraga selebriti Hollywood, dilansir dari Hollywood Life.

Leandro juga menambahkan bahwa dalam cuaca yang panas, sebaiknya berolahragalah dalam porsi yang aman. "Jika suhu udara sudah mencapai 32° Celcius, sebaiknya hentikan olahraga Anda dan ada baiknya menunggu suhu udara sedikit menurun. Alternatif lainnya Anda bisa memilih olahraga di dalam ruangan saat pagi atau malam hari ketika suhu udara lebih rendah," tambahnya.

Sumber: Weiser Insurance

Michael Blauner, seorang trainer olahraga selebriti Hollywood yang berbasis di New Jersey, mengungkapkan bahwa berolahraga di luar ruangan saat musim panas atau suhu udara yang tinggi dapat memberikan risiko dan efek buruk pada tubuh. "Agar tetap aman saat olahraga saat udara panas, Anda harus melakukan tindakan pencegahan yang tepat saat melakukan latihan di luar rumah atau Anda berisiko mengalami kram akibat kepanasan, kelelahan, hingga heatstroke," ungkap Michael. 

Sumber: Men's Health

Langkah yang pertama adalah pemeriksaan medis secara menyeluruh dan teratur, terlebih bagi Anda yang memang berprofesi di bidang olahraga dan wajib latihan setiap hari. "Setelah itu, Anda harus sedikit lebih berhati-hati dan mendengarkan tubuh Anda saat olahraga," tambah Michael. Hal terakhir yang perlu Anda ingat adalah proses pendinginan tubuh saat cuaca yang sangat panas berbeda dari biasanya. Lakukan gerakan pendinginan yang tepat agar tidak menimbulkan masalah kesehatan dalam tubuh Anda.

Cover: Runner's World

 

  • 0
  • Komentar ( 0 )