Inilah Alasan Kanker Ovarium Sulit Terdeteksi Pada Stadium Awal

1520636411491
  • share line
  • share bbm
Inilah Alasan Kanker Ovarium Sulit Terdeteksi Pada Stadium Awal

Sama seperti jantung, kanker ovarium juga mendapat julukan silent killer karena pada banyak kasus penderita baru terdeteksi saat berada di stadium terakhir. Sekarang, para ahli sudah menemukan alasannya.

Baca juga: 

Kenali 7 Gejala Dini Kanker Ovarium Yang Sering Luput Dari Perhatian

Dua penelitian terbaru telah mengonfirmasi bahwa bibit penyakit mematikan tersebut sebenarnya tidak dimulai di ovarium, tapi di saluran tuba. Menurut Ron Drapkin, seorang profesor patologi kebidanan dan ginekologi di University of Pennsylvania, sebelum 2006 atau 2007 tidak ada yang benar-benar memerhatikan tuba falopi. Peneliti hanya berusaha menemukan semua apa penyebab kanker ovarium, tanpa melihat bagian tuba lebih jelas lagi.

“Sejak itu kami telah mencoba untuk memahami apa yang membuat saluran tuba menjadi rentan terhadap kanker,” kata Profesor Drapkin.

Kanker ovarium justru bermula di saluran tuba (WordPress.com)

 

Studi lain dari Pusat Kanker Perlmutter di NYU Langone Health, New York, melihat sampel jaringan tumor ovarium dari 96 wanita dan membandingkannya dengan sampel dari sekelompok wanita sehat. Hasilnya, disimpulkan bahwa sel kanker yang ditemukan paling mirip dengan jaringan yang ada di tuba fallopi.

Baca juga: 

Fakta: Banyak Wanita Tidak Mengenali Gejala Awal Kanker Ovarium

Sekitar 80% kasus kanker ovarium didiagnosis pada stadium lanjut penyakit ini. Menurut Profesor Drapkin hal ini terjadi karena letaknya di panggul yang berbentuk seperti mangkuk, sehingga tumor bisa tumbuh cukup besar sebelum benar-benar terdeteksi dan akhirnya sudah menjadi kanker ganas.

Banyak wanita yang terlambat mengetahui kanker ovarium (Healthline)

“Kanker ovarium sering dikatakan tidak memiliki gejala awal, padahal sebenarnya ada gejala, meski sangat umum dan bisa disebabkan oleh hal lain. Saran saya pada wanita adalah jika merasa ada yang tidak beres, ada atau tidak kemungkinan kanker, segera periksakan,” imbau Profesor Drapkin.

Cover: Zee News

Tag:
kanker, ovarium, sulit, terdeteksi, stadium, awal, salurantuba
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK