Ini Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Pemula Sebelum Mengikuti Lomba Lari

1537081214493
  • share line
  • share bbm
Ini Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Pemula Sebelum Mengikuti Lomba Lari

Selamat, Anda baru saja mendaftar untuk mengikuti lomba lari bergengsi yang diadakan di ibukota. Namun, ini adalah kali pertama Anda mengikuti perlombaan lari. Jika biasanya Anda sudah melakukan kegiatan jogging atau lari pagi sekitar kompleks rumah, mungkin Anda bertanya-tanya, perlukah persiapan berbeda sebelum mengikuti lomba lari? Berikut ini beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum menyambut perlombaan pertama Anda.

Latihan
Practice make perfect. Ungkapan ini benar adanya, karena latihan yang rutin akan membentuk ketahanan tubuh yang pas menjelang lomba. Saran dari Elprian Light, captain komunitas lari Adidas Runner Jakarta, untuk pemula atau yang baru memulai berlari bisa dengan mulai berlari dengan target waktu yang ditingkatkan secara bertahap, seperti 20 menit lalu naik jadi 30 menit dan seterusnya. “Apabila masih kesulitan untuk berlari secara terus menerus bisa juga dengan jalan-lari-jalan-lari, baru ditingkatkan sedikit demi sedikit sampai ke hari perlombaan."

Namun, mendekati perlombaan sebaiknya menurunkan target. Menurut Elprian, semakin mendekati lomba Anda sebaiknya menurunkan target waktu latihannya, misalkan sudah berlari 1 jam diturunkan menjadi hanya 30 menit saja menjelang lomba.

Menjaga nutrisi dan pola makan
Bukan hanya melakukan latihan tapi Anda juga harus melakukan perubahan dari dalam demi mempersiapkan diri menyambut lomba lari. Ini berarti tubuh Anda juga harus mendapatkan nutrisi yang baik. Selain menjaga pola makan, Anda juga harus tetap mengutamakan istirahat.

Baca juga: 

Ingin Jadi Juara Lomba Lari? Gunakan 5 Strategi Ini!

Investasi perlengkapan lari
Bukan berarti ini menjadi alasan bagi Anda untuk membuang uang dan membeli peralatan lari baru, tetapi jika Anda belum memiliki pakaian nyaman dan sepatu lari yang sesuai, tak ada salahnya untuk membeli. Namun, jika Anda sudah memiliki sepatu lari yang bagus, pakai saja sepatu tersebut. Bagaimana dengan pakaian? Menurut Elprian, sebaiknya saat berlomba pakailah busana yang biasa dipakai saat latihan. Sebaiknya jangan mencoba sesuatu yang baru saat berlomba karena bisa menganggu kenyamanan. “Pilihlah yang nyaman dan sesuai dengan Anda bukan karena warnanya dan harganya, tapi tidak nyaman saat digunakan,” kata Elprian.

Foto: Unsplash

Tag:
lari, lomba lari
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK