Hobi Ngemil? Waspada, Gigi Anda Lebih Mudah Berlubang

1539486020287
  • share line
  • share bbm
Hobi Ngemil? Waspada, Gigi Anda Lebih Mudah Berlubang

Kabar kurang baik bagi Anda yang hobi ngemil. Ada banyak jenis makanan atau minuman yang berkontribusi besar terhadap kerusakan gigi, tetapi rupanya kebiasaan makan camilan dan frekuensinya menjadi faktor lain yang turut berpengaruh pada sehat atau tidaknya gigi Anda.

(Sumber: foodenvy)

Ya, menurut studi yang dilakukan oleh Liaquat College of Medicine & Dentistry, Pakistan, orang-orang yang punya hobi ngemil punya risiko lebih besar memiliki gigi berlubang. Selain fakta bahwa makanan berkarbohidrat memang jahat bagi gigi, hal ini ada pengaruhnya dengan pH di dalam mulut. Setiap kali Anda makan atau minum sesuatu yang memiliki rasa, level pH di mulut akan turun dan menciptakan lingkungan yang asam. Gigi kita adalah mineral, dan lingkungan gigi yang asam ini membuat gigi mengalami demineralisasi.


Baca juga: 

Ahli Diet: Santap Makanan Sehat Ini Jika Ingin Ngemil


Agar mulut kembali ke pH normal dan proses demineralisasi tidak lagi berjalan, air liur atau saliva membutuhkan waktu 30 menit. Sehingga, apabila Anda tipe orang yang sedikit-sedikit mengudap camilan, saliva tak akan punya cukup waktu untuk mengembalikan pH mulut ke level normal, demineralisasi terus terjadi, dan gigi pun mudah berlubang.

(Sumber: quora)

Dokter gigi asal AS, drg. Jenn Jackson, mengatakan, selain dengan berkumur dengan air putih setiap kali habis makan camilan, cara termudah lain untuk melindungi gigi pasca makan adalah dengan mengunyah permen karet yang mengandung xylitol. Pastikan juga pasta gigi Anda mengandung fluoride yang dapat membantu proses remineralisasi pada gigi.

Cover: resveralife

Tag:
gigi, gigi berlubang, ngemil, camilan
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK