Hoaks yang Terus Beredar: Lemon Efektif Membunuh Sel Kanker

1539406819114
  • share line
  • share bbm
Hoaks yang Terus Beredar: Lemon Efektif Membunuh Sel Kanker

Pernah mendapat berita kesehatan yang dibagikan melalui WhatsApp yang menyebutkan dahsyatnya khasiat buah lemon? Isinya seperti ini:

Tidak ada yang harus mati karena kanker kecuali karena kecerobohan:
1. Langkah pertama adalah menghentikan semua asupan gula, tanpa gula di tubuh Anda, sel kanker akan mati secara alami.
2.  Mencampur seluruh buah lemon dengan secangkir air panas dan meminumnya selama sekitar 3 bulan  sebelum makan dan kanker hilang, penelitian oleh Maryland College of Medicine mengatakan, ini 1000 kali lebih baik daripada kemoterapi.
3. Langkah ketiga adalah meminum 3 sendok minyak kelapa organik, pagi dan malam dan kanker akan hilang, Anda bisa memilih salah satu dari dua terapi ini setelah menghindari gula.

Ketidaktahuan bukanlah alasan; Saya telah berbagi informasi ini selama lebih dari 5 tahun, mungkin saat ini baru sampai kepada Anda tetapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Biarkan semua orang di sekitar Anda tahu.

Gula harus dijauhkan agar sel kanker tidak berkembang? (Sumber: ODT)Pesan tertanda Dr. Guruprasad Reddy BV, OSH Negara Medis Universitas Moskow, Rusia. Ada pula yang menyebut pesan itu berasal dari Dr. VP Gangadharan, spesialis onkologi di Kerala, India.

Baca juga:

Ternyata Khasiat Air Lemon Tak Sehebat Yang Dielu-elukan

Pesan ini sepertinya menjanjikan, tetapi Dr. Gangadharan mengaku tak pernah mengirim pesan tersebut. Pada situs The News Minute, ia menekankan bahwa pesan semacam itu sangat berbahaya bagi pasien kanker.

Minum minyak kelapa secara rutin juga disebut mampu menghilangkan kanker. (Sumber: Beauty Vigour)“Banyak pasien berhenti mengonsumsi obat mereka karena percaya ada cara alternatif untuk menyembuhkan penyakitnya,” kata dokter yang dikenal banyak membantu pasien kanker miskin dengan memberi konsultasi gratis di Cochin Cancer Society ini.


Baca juga: 

Batuk Tak Sembuh Berminggu-minggu? Waspadai Gejala Kanker!


Betulkah lemon bermanfaat membunuh sel kanker dan dipercaya dapat mengobati kanker 10 ribu kali lebih kuat dari kemoterapi? Menurut situs Hoaxes.id, lemon (dengan kulitnya) memang terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan dan ada beberapa studi terbatas mengatakan lemon memiliki sifat anti kanker. Namun situs Livestrong.com juga mengatakan, untuk mendapatkan manfaat yang signifikan Anda harus mengonsumsi kulit lemon dengan jumlah yang lebih banyak.

Banyak buah lain yang punya khasiat setara lemon. (Sumber: Pixabay)Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa lemon dan buah jeruk lain mengandung zat alami yang diduga memiliki sifat melawan kanker. Sayangnya, penelitian itu belum diuji pada manusia sehingga klaim bahwa lemon sangat efektif membunuh sel kanker itu hoax.

Baca juga:

5 Pertanyaan Seputar Manfaat Lemon. Lihat Jawaban Terbaik Dari Pakar di Sini!

Dr. Gangadharan bilang, pesan yang ditambahi banyak emoticon, yang dimulai atau diakhiri dengan kalimat “Forward ke semua teman Anda”, umumnya gampang tersebar. Khususnya pesan tentang kanker atau penyakit lain. Masalahnya, jarang ada yang mau mengecek dulu kebenaran berita tersebut. Mulai sekarang, saring dulu berita kesehatan yang tampak menggebu-gebu.

Cover image: Pixabay

Tag:
lemon, manfaatlemon, khasiatlemon, vitaminc, lemonantikanker, kanker, antikanker, lemonmembunuhselkanker
  • share line
  • share bbm
heart 5 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK