Hangnail, Masalah Kuku Yang Sebenarnya Remeh Tetapi Bikin Gemas

1541768413663
  • share line
  • share bbm
Hangnail, Masalah Kuku Yang Sebenarnya Remeh Tetapi Bikin Gemas

Sisi kiri atau kanan kuku pernah tampak akan terkelupas, tetapi ketika Anda berusaha mencabutnya, terasa perih? Itu namanya hangnail. Menurut dokter kulit asal AS dr. Dana Stern, sebenarnya yang akan copot pada masalah hangnail itu bukanlah kuku, tetapi kutikula. Dr. Stern mengatakan, kutikula berfungsi melindungi kulit dan kuku dari masuknya kelembapan berlebihan hingga bakteri. Sehingga ketika kutikula akan lepas dan dicabut paksa, kuku dan kulit Anda pun lebih rentan infeksi.

Pernah bertanya-tanya apa penyebab masalah kuku yang kecil tapi menyebalkan tersebut? Dr. Stern menjelaskan empat penyebab paling umum.

(Sumber: nbmts)

Anda hobi menggigit atau mengelupas bagian kuku

Ada beberapa orang yang tanpa disadari menyalurkan kegelisahan dengan menggigit kuku ataupun mengelupas kulit (alias kutikula) di sekitar kukunya. Kuku yang awalnya sehat-sehat saja akan terpapar trauma berulang dari kelupasan atau gigitan, akhirnya menimbulkan hangnail.



Anda kurang protein

Kulit dan kuku terbuat dari protein. Jika asupan protein Anda kurang, maka kulit atau kuku kehilangan kekuatannya dan akhirnya mudah rusak atau terkelupas. Apabila hangnail ini disertai dengan gejala kurang protein lain, misalnya rambut menipis atau tubuh gampang lemas, segera konsultasi ke dokter.

Kulit Anda sangat kering

Sama halnya dengan kurang protein, kulit dan kuku yang kurang memiliki kelembapan juga tak cukup kuat dan akhirnya mudah rusak atau terkelupas.

(Sumber: prevention)

Memang dari sananya begitu

Nah, ini faktor paling menyebalkan. Dr. Stern berkata, memang ada sebagian orang yang secara genetis memproduksi jaringan kutikula berlebihan, sehingga lebih sering mengalami hangnail.

Tiga penyebab teratas, sih, bisa diatasi. Tapi kalau sudah bicara genetik, mau bilang apa?

Cover: self

Tag:
kuku, hangnail, kutikula
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK