Dokter Temukan Cara Baru Cegah Risiko Kanker Ovarium Selain Operasi

1537102814813
  • share line
  • share bbm
Dokter Temukan Cara Baru Cegah Risiko Kanker Ovarium Selain Operasi

Masih ingatkah Anda dengan keputusan Angelina Jolie untuk melakukan operasi pengangkatan indung telur dan tuba fallopi untuk mencegah dirinya terkena kanker ovarium, setelah terbukti memiliki gen mutasi BRCA?

Nah, sekarang ini berkat sistem pengujian dari National Health Service (NHS) di Inggris, telah ditemukan cara agar wanita yang berisiko terkena kanker ovarium dapat terhindar dari operasi yang bisa membuat mereka kehilangan kesempatan memiliki keturunan.

Berikan kesempatan wanita untuk memiliki keturunan (The Telegraph)

Saat ini para dokter dokter sedang menguji coba program pengawasan kanker ovarium terbaru yang dapat menunda operasi pada wanita dengan gen mutasi BRCA, yang disebut dengan pendekatan ‘watch and wait’.

Baca juga: 

Kenali 7 Gejala Dini Kanker Ovarium Yang Sering Luput Dari Perhatian

Dengan melakukan tes darah setiap empat bulan, para dokter berharap akan memungkinkan wanita untuk menghindari operasi selama mungkin sehingga memberi kesempatan wanita untuk memiliki anak. Operasi baru benar-benar akan dilakukan segera setelah tes darah menunjukkan tanda-tanda kanker mulai muncul.

Dengan pendekatan ‘watch and wait’ ini, wanita jadi tidak perlu harus langsung operasi pengangkatan indung telur dan tuba fallopi begitu mereka didiagnosis memiliki gen BRCA mutasi atau bahkan sudah menderita kanker ovarium.

Program dilakukan dengan cara tes darah (Mirror)

Sekitar satu dari 400 wanita yang memiliki gen mutasi BRCA, berarti memiliki risiko 70% lebih mungkin terkena kanker payudara—lebih banyak 12% dibandingkan wanita normal—dan 44% kemungkinan menderita kanker ovarium—atau lebih tinggi 2% dari mereka yang tidak memiliki gen mutasi BRCA.

Baca juga: 

Inilah Alasan Kanker Ovarium Sulit Terdeteksi Pada Stadium Awal

“Program ini menawarkan wanita ketenangan berpikir dan kemampuan untuk membuat keputusan sulit tentang operasi yang sesuai bagi waktu mereka, hidup mereka, dan kesehatan mereka,” ujar Athena Lamnisos, chief executive dari Eve Appeal cancer charity.

Wanita jadi memiliki lebih banyak pilihan (FindaTopDoc)

Pendekatan ‘watch and wait’ saaat ini tengah dijalankan oleh Rumah Sakit Universitas College London di London Utara, untuk menguji kelayakan pada 2.000 wanita di atas 35 tahun yang memiliki gen mutasi BRCA dan berisiko menderita kanker ovarium.

Cover: Healthline

Tag:
kanker, kanker ovarium, cara, operasi, tes darah, indung telur, tuba fallopi, kanker payudara, gen, fit, bugar
  • share line
  • share bbm
heart 5 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK