Benarkah Terlalu Sering Pakai Cat Kuku Bisa Sebabkan Kanker Kulit?

1531480821073
  • share line
  • share bbm
Benarkah Terlalu Sering Pakai Cat Kuku Bisa Sebabkan Kanker Kulit?

Beberapa waktu lalu, seorang wanita cantik mantan ratu kontes kecantikan membagikan pengalamannya terkena kanker kulit lewat media sosial. Yang mengagetkan, penyebab kanker yang dideritanya adalah karena terlalu sering pakai cat kuku.

Karolina Jasko, mantan Miss Illinois ini, sedang melakukan manicure ketika dia diberitahukan memiliki garis hitam di tengah-tengah kukunya. Setelah pergi ke dokter, Karolina kaget karena didiagnosis menderita melanoma di ibu jarinya, yang membuatnya kehilangan kuku jari dan bekas luka yang tebal.

Karolina tidak sadar mengidap kanker kulit (Twitter)

Baca juga: 

Kini Kopi Dipercaya Bisa Menurunkan Risiko Kanker dan Kematian

“Saya tidak pernah benar-benar memerhatikan kuku saya karena selalu menggunakan [cat kuku] akrilik. Kata dokter, saya kemungkinan besar mendapatkannya dari lampu UV saat berganti-ganti cat kuku,” cerita Karolina saat diwawancara Fox News.

Jadi, apakah cat kuku juga dapat menimbulkan risiko kanker bagi pemakainya?

Terlalu sering pakai cat kuku bisa sebabkan kanker? (You Beauty Marks)

Dr. Dana Stern, MD, dokter kulit dan spesialis kuku di New York, mengatakan bahwa paparan sinar UV—entah itu dari lampu UVA atau lampu LED—yang digunakan untuk melepaskan cat kuku berbahan akrilik dan gel, memang dapat berkontribusi terhadap kerusakan kulit dan peningkatan risiko kanker.

Baca juga: 

Benarkah Semua Orang Punya Sel Kanker di Dalam Tubuhnya?

“Tapi, tidak perlu panik karena sebuah penelitian menghitung risiko kanker kulit dari perangkat tersebut dan menentukan bahwa bahkan jika Anda melakukannya setiap minggu, peluang Anda untuk mengembangkan kanker kulit tidak akan terlalu meningkat,” ujar Dr. Dana.

Lampu sinar UV ini yang berisiko timbulkan kanker (YouTube)

Meski begitu, dokter kulit ini tetap menyarankan untuk melindungi tangan dan kaki dengan menggunakan tabir surya yang dipakai 15 menit sebelum terpapar sinar UV, agar dapat melindungi kulit dari efek negatif yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Cover: Indian Make Up & Beauty

Tag:
kanker, cat kuku, kanker kulit, sinar UV, manicure
  • share line
  • share bbm
heart 2 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK