Benarkah Ngemil Malam-Malam Bikin Gemuk?

1529024414735
Benarkah Ngemil Malam-Malam Bikin Gemuk?

Selama ini mungkin kebanyakan dari kita menganggap bahwa makan kudapan alias ngemil di malam hari adalah hal terlarang dan berbahaya bagi berat badan. Jangankan di atas jam 10 malam, jam 8 saja rasanya sudah termasuk jam-jam bahaya. Tapi benarkah ngemil di malam hari bahkan tengah malam bikin gemuk?

Baca juga: 

Cara Terbaik Kurangi Keinginan Ngemil? Sarapan yang Banyak

Abby Langer, pakar gizi dari NYU Langone Weight Management Program, berkata, “Kalori yang masuk beberapa saat sebelum tidur tidak akan dibakar oleh tubuh? Itu mitos. Ya, mungkin metabolisme manusia agak melambat, tapi tidak berhenti. Secara umum, yang penting bukanlah kapan Anda makan sesuatu, tapi apa yang Anda makan. Ngemil sesuatu sebelum tidur sebenarnya tidak apa-apa, jika memang Anda masih lapar dan apa yang dikudap termasuk makanan sehat. Bahkan tengah malam sekalipun, jika Anda lapar, makanlah sesuatu. Pergi tidur dengan perut lapar malah akan membuat Anda sulit tidur.”

(Sumber: youtube)

Akan tetapi, Despina Hyde, ahli gizi dari institusi yang sama menambahkan, “Jika Anda selalu atau setiap hari merasa lapar malam-malam, mungkin saja Anda kekurangan kalori di siang harinya, atau kekurangan protein. Jika Anda terlalu membatasi makan, atau Anda puasa, lapar malam-malam adalah sinyal dari tubuh bahwa tubuh Anda butuh asupan nutrisi.” Jika kasusnya begini, maka yang perlu diperbaiki adalah pola, kualitas, dan kuantitas makanan Anda ketika hari terang.

Baca juga: 

Tidur Lebih Lama Ternyata Bisa Kurangi Keinginan Ngemil

Bagaimana jika Anda makan dengan normal tapi malam-malam sering merasa lapar? Silakan makan! Tenang saja, Anda tak harus selalu makan sayuran atau buah untuk mengatasi rasa lapar di malam hari, kok. Ada banyak camilan lain yang enak, bikin kenyang, tapi aman dikonsumsi sebelum tidur.

Cover: arizonafoothills

Tag:
camilan, ngemil, ngemil malam hari
1 People liked this
LIKE
BOOKMARK