Batuk Pilek Tak Kunjung Sembuh? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya
Health & Fitness

Batuk Pilek Tak Kunjung Sembuh? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Cuaca tak menentu seperti sekarang ini memang bikin kita gampang sakit. Saat Anda terserang pilek, batuk, atau sakit tenggorokan, biasanya maksimal seminggu sudah sembuh, tapi kenapa kali ini lama sekali sembuhnya? Bisa jadi karena 5 hal ini.

Anda sedang stres
Hormon stres, kortisol, dapat melemahkan daya tahan tubuh sehingga Anda lebih mudah terserang penyakit dan sulit sembuh saat sakit. Dr. Vikram Tarugu, dokter asal Florida, menyarankan beberapa metode penghilang stres seperti yoga, meditasi, atau berolahraga agar hormon pemberi rasa bahagia, endorfin, diproduksi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda terlalu intens berolahraga
Berolahraga memang baik, tapi karena daya tahan tubuh sedang terganggu, olahraga yang terlalu keras atau berat justru bisa memperburuk kondisi. Dr. Arefa Cassoobhoy, internis dari Atlanta, mengatakan, pastikan olahraga seringan mungkin. Tak ada tolok ukur tertentu untuk olahraga saat tubuh kurang fit, perhatikan saja kondisi tubuh. Jika baru skipping sebentar Anda sudah merasa lemas, berarti olahraga itu terlalu berat untuk kondisi tubuh Anda saat itu.

Anda kurang beristirahat
Hidung mampet, batuk-batuk, dan tenggorokan meradang memang bikin susah tidur. Tapi justru saat-saat seperti ini wajib untuk memastikan jam tidur Anda setidaknya 7 jam. Cara apapun dilakukan agar sembuh, kalau kurang tidur, sama saja bohong.

Anda alergi
Memang agak sulit membedakan batuk pilek karena virus atau hidung meler dan batuk-batuk karena alergi. Jen Wolfe, seorang ahli farmasi, mengatakan, jika gejala-gejala itu dirasakan selama 1-2 minggu dan tak kunjung membaik bahkan malah memburuk, kemungkinan itu alergi. Mungkin alergi debu, bulu hewan, serbuk sari, dan lain-lain. Lebih baik periksakan diri ke dokter.

Ada penyakit yang lebih serius
Kalau ada gejala lain seperti rasa lelah berlebihan, tubuh terasa sakit-sakit, area pipi, tulang alis, dan hidung terasa nyeri, mungkin yang Anda alami bukan batuk pilek biasa, namun bisa jadi sinusitis, infeksi telinga, atau bahkan pneumonia, kata Dr. Cassoobhoy. Segera konsultasi dengan dokter, ya.

 

  • 0
  • Komentar ( 0 )