8 Alasan Tubuh Anda Mudah Lebam dan Memar

1526616009479
  • share line
  • share bbm
8 Alasan Tubuh Anda Mudah Lebam dan Memar

Tubuh lebam akibat cedera traumatis itu wajar, yang sedikit kurang wajar adalah jika dengan mudahnya tubuh Anda lebam atau memar akibat benturan kecil. Menurut ahlinya, ada banyak penyebab di balik kondisi itu, lho.

Baca juga: 

Yuk, Kenali Tipe Jam Biologis Tubuh Anda!

Coba lihat, jika tubuh Anda memiliki luka lebam atau memar berwarna hitam dan ungu, itu artinya kapiler (pembuluh darah kecil) di dekat permukaan kulit Anda patah dan sel darah merah Anda bocor. Saat tubuh mulai sembuh, dan memetabolisme sel-sel darah, memar biasanya akan memudar menjadi warna hijau, kuning, atau coklat sebelum akhinya menghilang sempurna.

Kondisi ini hampir tidak bisa dihindari untuk terjadi dalam beberapa waktu sekali. Tapi jika terjadi dalam kurun waktu yang singkat dan sering, pasti ada alasan di baliknya. Dilansir dari mercola.com, Dr Joseph Mercola mengungkapkan 8 alasan mengapa di tubuh Anda mudah muncul luka lebam.

1. Usia
Semakin tua, kulit Anda akan kehilangan beberapa lapisan lemak pelindung yang menyediakan bantalan terhadap cedera. Kulit Anda juga jadi semakin tipis dan produksi kolagen malambat. Inilah yang membuat tubuh Anda mudah memar dan butuh waktu lama untuk menghilangkannya.

2. Masalah gangguan darah
Gangguan darah seperti hemofilia dan leukemia dapat menyebabkan memar yang tidak dapat dijelaskan, seringkali disebabkan karena darah Anda gagal membeku dengan baik. Jika Anda mengalami memar yang parah dan tanpa alasan jelas, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

3. Diabetes
Penderita diabetes dapat mengalami perubahan warna kulit menjadi gelap, terlebih di area yang sering bersentuhan dengan kulit lainnya. Perubahan warna ini sering dianggap memar, padahal sebenarnya disebabkan oleh resistansi insulin. Apa Anda penderita diabetes? Mungkin ini jawaban dari lebam di tubuh Anda.

4. Latihan berat berlebihan
Melatih otot-otot Anda dengan olahraga yang berlebihan, seperti mengangkat beban berat, dapat menyebabkan pembuluh darahnya pecah dan menyebabkan memar. Jangan terlalu memaksakan olahraga berat pada tubuh, terlebih jika tubuh belum terbiasa. Bukannya sehat, Anda malah membuat tubuh jadi sakit.

5. Obat-obatan tertentu
Obat-obatan seperti aspirin, obat antikoagulan, dan anti-platelet dapat mengurangi kemampuan darah membeku sehingga tubuh mudah memar. Aspirin, prednison, prednisolone, kontrasepsi oral, dan obat-obatan lainnya juga dapat melemahkan pembuluh darah dan meningkatkan kemungkinan memar.

6. Turunan
Jika Anda memiliki anggota keluarga dekat yang cenderung mudah memar, ada kemungkinan Anda juga akan mengalaminya. Segera temui dokter Anda untuk membicarakan langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini.

7. Kulit Anda pucat
Warna kulit yang pucat tidak membuat Anda jadi lebih rentan memar, tetapi membuat memar di tubuh Anda jadi lebih terlihat dibandingkan dengan memar di tubuh orang lain dengan warna kulit yang lebih gelap.

8. Sinar matahari
Meski tubuh Anda membutuhkan paparan sinar matahari secara teratur untuk menghasilkan vitamin D, dan mendapatkan sejumlah manfaat tambahan lain, paparan sinar matahari yang berlebihan, terutama jenis yang mengarah pada pembakaran, dapat menyebabkan kulit Anda kehilangan kelenturan dan ketahanannya. Hal ini malah membuat memar di tubuh lebih mudah terjadi dan lebih terlihat.

Foto: 123RF

Tag:
lebam, memar, tubuh, sehat, kesehatan
  • share line
  • share bbm
heart 6 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK