6 Trik Agar Tak Kalap Di Restoran All You Can Eat
Health & Fitness

6 Trik Agar Tak Kalap Di Restoran All You Can Eat

Sedang giat-giatnya menjalankan pola makan sehat, tiba-tiba dapat undangan pesta ulang tahun di restoran all you can eat. Tidak datang, kok, tidak enak sama yang punya acara. Tapi kalau datang, takut tergoda untuk makan banyak. Coba 6 trik ini agar Anda tak terlalu kalap di buffet nanti. 

Sikat gigi sebelum makan
Menurut Liz Weinandy, ahli gizi dari The Ohio State Wexner Medical Center, aroma peppermint dikenal sebagai penekan nafsu makan alami. Sikat gigi dengan pasta gigi peppermint sebelum mulai makan akan memberikan efek yang mirip. 

Jangan ‘puasa’ sebelum makan
Mungkin saja Anda ogah rugi, makan di buffet masa cuma sedikit? Tapi mengosongkan perut sebelum makan besar justru akan memperlambat metabolisme, dan ketika jumlah kalori besar masuk ke tubuh, tubuh akan langsung menyimpannya sebagai lemak bukan cadangan energi. Begitu kata Felicia Stoler, ahli gizi dari New Jersey, AS. Tetap makan seperti biasa untuk mencegah hal ini.

Minum air putih
Teguk segelas air putih beberapa saat sebelum makan agar perut Anda terasa sudah ada isinya. Alhasil Anda nanti tak kalap mengambil makanan tanpa membuatnya begah setelah makan nanti.

Makan apel
Memakan 1 apel ukuran sedang 15 menit sebelum makan dapat mengurangi jumlah kalori yang masuk hingga 15% karena kandungan serat dari apel akan membuat perut terasa penuh, kata Libby Mills dari MacDonald Center for Obesity Prevention and Education.

Olahraga
Berolahraga sebelum sesi makan besar justru bisa lebih bermanfaat ketimbang berolahraga sesudahnya. Emily Braaten, nutrisionis asal New York, mengatakan, olahraga berat dapat menekan hormon yang menimbulkan rasa lapar. Semakin intens olahraganya, semakin kuat rasa lapar ditekan. Sebuah penelitian dari National Institutes of Health, AS, juga menemukan bahwa olahraga sebelum makan mengurangi asupan kalori hingga 1/3-nya.

Cukup tidur
Chelsea Elkin, ahli gizi berbasis di New York, mengingatkan, H-1 sebelum makan di buffet, pastikan Anda cukup tidur di malam harinya. Sebab kurang tidur akan membuat hormon yang mengatur nafsu makan, ghrelin dan leptin, tak seimbang sehingga membuat Anda ingin banyak makan makanan tak sehat.

  •   0
  •   Komentar ( 0 )