Health & Fitness

6 Makanan Yang Tak Boleh Dipanaskan Dalam Microwave

Tak peduli seberapa lezat dan sehat makanan yang sudah Anda siapkan, namun jenis makanan ini jika dipanaskan dalam microwave dapat kehilangan manfaat untuk kesehatan, bahkan bisa menyebabkan keracunan makanan. Berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya tidak Anda panaskan dengan microwave:

1. Seledri

Jenis sayuran ini bagus untuk dijadikan sup tapi jangan menghangatkan kembali sup Anda menggunakan microwave. Seledri mengandung nitrat yang akan berubah menjadi nitrit dan nitrosamin karsinogenik setelah pemanasan.

2. Telur

Telur akan berubah menjadi racun jika dipanaskan kembali. Jika ada sisa telur, lebih baik Anda tambahkan ke dalam salad atau sandwich. Sehingga Anda tak perlu memanaskan kembali atau membuang ke tong sampah.

3. Bayam

Kandungan vitamin dan mineral dalam bayam membuat sayuran ini disukai banyak orang. Tapi, seperti seledri, bayam mengandung nitrat yang akan berubah menjadi nitrit dan nitrosamin setelah pemanasan. Tambahkan bayam untuk smoothie, sandwich, atau salad untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa membahayakan.

4. Kentang

Secara tak terduga, jika kentang dipanaskan akan kehilangan manfaat untuk kesehatan dan bisa menyebabkan botulisme (keracunan makanan akibat bakteri yang tumbuh karena pemanasan). Lebih baik segera habiskan jika sudah dimasak.

5. Ayam

Ketika memanaskan kembali masakan ayam akan terjadi perubahan komposisi protein dan ini bisa menyebabkan masalah pada pencernaan. 

6. Nasi

Nasi kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino, tetapi juga mengandung bakteri yang bertahan hidup bahkan setelah memasak. Jika nasi disimpan dalam temperatur ruangan akan menyebabkan bakteri berkembang biak dan menyebabkan keracunan makanan. Pemanasan tidak menyelesaikan masalah, lebih baik segera habiskan nasi setelah dimasak atau dinginkan selama satu jam kemudian masukkan kulkas.

 

  •   0
  Komentar ( 0 )
Kirim
Pilih Pakar
Komentar Lainnya
Belum ada komentar