6 Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Tubuh

1539417619276
  • share line
  • share bbm
6 Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Menurut ahli gizi Kelly Hogan, MS, RD yang berpraktik di New York, kadar kolesterol sebaiknya dicek setiap tahun karena tidak ada gejala spesifik yang menandakan kadar kolesterol seseorang, terutama kolesterol jahat, sedang tinggi. Ada dua macam jenis kolesterol, LDL (low-density lipoproteins) dan HDL (high-density lipoproteins). LDL adalah tipe kolesterol jahat dan HDL tipe kolesterol baik untuk tubuh. Kolesterol jahat inilah yang mempertinggi risiko penyakit jantung dan serangan jantung hingga stroke.

Seperti yang dilansir Well and Good, menjaga kadar kolesterol di level normal berarti mengubah gaya hidup dan menjalankan pola makan sehat. Berikut ada 6 cara alami menurunkan kolesterol.

Kredit foto: Getty Images/Westend61

1. Tingkatkan asupan serat
Mengonsumsi makanan berserat tinggi akan mengikat kolesterol jahat dalam pencernaan dan membantu tubuh menyingkirkan sekaligus membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Makanan berserat tinggi yang dianjurkan Kelly adalah biji-bijian, kacang, apel, buah beri, jeruk, buah jeruk, dan terong. Ia menganjurkan asupan 20 - 25 gram serat per hari dengan 5 - 10 gramnya adalah serat larut air.


Baca juga: 

4 Makanan Bantu Turunkan Kadar Kolesterol


2. Mempertimbangkan makanan dari kacang kedelai
Menurut Kelly, tahu, susu kedelai, tempe, dan edamame dapat menurunkan kadar LDL kolesterol. Yang harus dihindari adalah kacang kedelai olahan dalam bentuk protein bar atau tepung protein.

Sumber: Care2

3. Banyak makan makanan laut
Ikan berlemak tinggi seperti salmon, tuna, sarden, dan makerel memiliki kandungan omega-3 dan dapat menurunkan kadar LDL kolesterol. Demi menjaga konsistensi menyantap makanan laut, Kelly menekankan pentingnya mengonsumsi variasi ikan. "Jangan terus-terusan memakan tuna, misalnya. Coba masukan beberapa macam ikan dalam menu 1 minggu." 

Sumber: Pinterest


Baca juga: 

11 Jenis Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol Secara Alami


4. Kurangi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans 
Pertimbangkan untuk mengurangi daging merah, produk susu penuh lemak, dan minyak kelapa. Kelly merekomendasikan untuk mengonsumsi produk susu rendah lemak atau pengganti susu seperti susu almond. Sedangkan lemak trans adalah jenis lemak yang paling buruk untuk dikonsumsi karena meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan kolesterol HDL. Salah satu caranya adalah menghindari makanan olahan dan cepat saji. 

Sumber: Foodforbetterhealth

5. Perbanyak makan kacang-kacangan
Almond, walnut, dan kacang tanah dapat membantu menurunkan kolesterol. "Orang yang makan kacang cenderung memiliki kolesterol rendah dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Jadi, jika tidak punya alergi, rajinlah mengonsumsi kacang-kacangan," ujar Kelly.  

Sumber: Thehealthsite

6. Rutin berolahraga
Olahraga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Melakukan olahraga aerobic terbukti efektif menyeimbangkan kadar kolesterol. Selain itu, olahraga juga menyehatkan jantung dan otak.

Kredit foto: Getty Images/GradyreeseKredit foto cover: FitnessTogether

Tag:
Kolesterol, Natural, Hdl, Ldl, Rutin olahraga
  • share line
  • share bbm
heart 4 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK