5 Makanan Perusak Gigi
Health & Fitness

5 Makanan Perusak Gigi

Rutinitas menyikat gigi dua kali sehari serta membilas mulut sehabis makan saja ternyata tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi. Beberapa penelitian juga dokter gigi sepakat mengonsumsi makanan tertentu bisa menyebabkan kerusakan pada gigi kita. Berikut lima makanan yang harus Anda hindari untuk menjaga gigi agar tetap sehat dan kuat.

1. Permen yang manis dan lengket

Makan permen yang keras atau jenis lolipop atau permen karamel yang mengandung gula jelas berbahaya untuk gigi Anda. Kandungan gula yang mudah menempel pada gigi dan bisa menarik bakteri. Selain itu, permen yang keras bisa membuat gigi Anda retak bahkan patah.

Artikel terkait:

Jangan Campurkan 6 Bahan Makanan Berikut Dalam Smoothie
Cegah Infeksi Vagina Dengan Mengonsumsi Makanan Ini
5 Makanan Yang Harus Lebih Sering Dikonsumsi
5 Makanan Ini Dapat Membuat Anda Lekas Tua 

2. Minuman berkarbonasi (soft drink)

Disamping kandungan gulanya yang tinggi, minuman berkarbonasi mengandung asam fosfat dan sitrat yang mengikis email gigi.

3. Makanan bertepung dan renyah.

Siapa tidak suka keripik kentang? Tapi tunggu dulu, makanan ini mengandung tepung yang mudah terjebak di sela-sela gigi. Jika Anda tidak menyikat gigi dengan benar, akhirnya sisa makanan ini akan membentuk plak pada gigi.

4. Minuman atau obat-obatan yang membuat mulut Anda kering.

Konsumsi alkohol, teh, kopi, dan bahkan beberapa jenis obat bisa mengeringkan mulut Anda jika dikonsumsi berlebihan. Pengeringan mulut ini bisa menyebabkan kerusakan gigi, gigi menguning, dan infeksi mulut seperti penyakit gusi.

5. Makanan atau minuman jeruk.

Penting untuk menjaga asupan jeruk karena jika sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam bisa mengikis enamel dan membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan.

Mulailah untuk menjaga kesehatan gigi dengan mengawasi apa yang Anda makan.

 

  •   0
  •   Komentar ( 0 )