5 Hal Tak Terduga Penyebab Konstipasi
Health & Fitness

5 Hal Tak Terduga Penyebab Konstipasi

Saat bicara konstipasi atau susah buang air besar, penyebab paling umum yang sering kita dengar antara lain adalah kurang serat, kurang minum air putih, atau kurang banyak gerak. Tapi ternyata beberapa hal di bawah ini juga bisa menyebabkan atau memperparah masalah susah buang air besar.

Kebiasaan menahan buang air
Menahan buang air besar di saat darurat (misalnya di tengah kemacetan dan tak ada pom bensin) memang butuh skill tersendiri, tapi kalau Anda sudah terbiasa menahan BAB, ini justru akan menimbulkan konstipasi. Jika feses yang sudah memenuhi usus tak segera dikeluarkan, organ pencernaan akan menyerap kandungan air, sehingga feses semakin kering dan keras dan susah dikeluarkan.

Suplemen kalsium
Dr. Ron Schey, ahli gastroenterologi dari Temple School of Medicine berkata, asupan kalsium yang terlalu banyak, biasanya disebabkan oleh suplemen kalsium, memperlambat pergerakan makanan di sistem pencernaan. Hal ini kemudian juga akan membuat feses terlalu lama berada di usus, akhirnya feses pun semakin mengeras.

Suplemen zat besi
Sama halnya dengan kalsium, zat besi dari suplemen dengan konsentrasi tinggi bisa memperlambat kerja organ-organ pencernaan, sehingga menyebabkan konstipasi. Makanan sehari-hari seperti daging, seafood, dan bayam sudah cukup memberikan zat besi bagi tubuh, kok.

Diabetes
Orang-orang yang punya diabetes biasanya mengalami kerusakan saraf. Jika gangguan ini terjadi di sistem pencernaan, maka konstipasi bisa jadi efek sampingnya.

Ketergantungan obat pencahar
Menurut Dr. Schey, meminum obat pencahar atau laksatif sesekali memang diperbolehkan, namun jika Anda tak bisa ke belakang tanpa minum pencahar, maka Anda sudah termasuk ketergantungan karena usus sudah tak lagi sensitif terhadap kandungan dalam obat tersebut.

  •   0
  •   Komentar ( 0 )