4 Langkah Menjaga Supaya Berat Badan Anda Tidak Naik Lagi

1539388818847
  • share line
  • share bbm
4 Langkah Menjaga Supaya Berat Badan Anda Tidak Naik Lagi

Anda sudah berhasil mengurangi berat badan, tetapi pertanyaan sesungguhnya adalah bagaimana cara menjaganya untuk tidak naik lagi? Strength and conditioning specialist bersertifikasi Sohee Lee membagikan 4 langkah yang tidak hanya bisa membantu Anda mengurangi berat badan tetapi juga menjaganya.

1. Cintai cara makan Anda

“Masukkan bahan makanan favorit Anda ke dalam menu diet Anda untuk memenuhi rasa ngidam," kata Sohee. “Anda tidak selalu bisa mengontrol apa yang Anda makan, tapi Anda bisa selalu mengontrol berapa banyak porsinya,” tambah Sohee

Leslie Langevin, MS, RD, CD, seorang dietitian dari Whole Health Nutrition setuju, “Keseimbangan adalah yang terbaik, 80% makanan sehat, 20% yang menyenangkan hati Anda.”

(Sumber: sarah’s day)

2. Cintai olahraga Anda

Cari olahraga yang Anda senangi dan bisa membuat Anda semangat, berenergi, dan percaya diri, sesuatu yang bisa menantang, dan membuat Anda ingin terus melakukannya. Tidak suka lari? Jangan lari. Tidak percaya diri di gym? Olahraga di rumah. Senang bersosialisasi? Ikut kelas olahraga. Jika Anda menikmati olahraga yang Anda jalani, maka rutinitas berolahraga akan lebih mudah dijaga.

Olahraga Anda harus terdiri dari latihan kekuatan setidaknya 2 kali seminggu (4 kali jika ingin menghilangkan berat badan) dan cardio untuk menjaga jantung Anda tetap sehat.


Baca juga: 

10 Kebiasaan Untuk Turunkan Berat Badan Secara Perlahan


3. Cek secara reguler

“Memonitor kondisi diri secara reguler adalah strategi penting karena bisa memberikan masukan apa yang perlu diubah,” ujar Sohee. Misalnya, memotret diri Anda setiap 2 minggu sekali untuk melihat perubahan bentuk tubuh, mencatat perubahan ukuran lingkar tubuh, atau melihat bagaimana pakaian Anda di tubuh. Plus, kalau ternyata hasilnya kelihatan jelas, Anda akan merasa lebih semangat setelahnya!

(Sumber: beachbody)

4. Menghindari stres dan tidur yang baik

“Menjaga tingkat stres dan memprioritaskan tidur sangatlah krusial dan merupakan komponen gaya hidup sehat yang sering terlupakan. Tidur adalah kunci yang memengaruhi semua hal di keseharian Anda,” ujar Sohee.

(Sumber: fitness magazine)

Tidur memengaruhi hormon leptin yang meregulasi rasa lapar dan membantu tubuh agar sadar kalau Anda sudah kenyang, serta hormon ghrelin yang menstimulasi rasa lapar. Stres memicu produksi kortisol, hormon stres yang juga berhubungan dengan naiknya rasa lapar dan membuat lemak perut berlebih.

(Sumber: Instagram/@soheefit)

Cover: healthier futures

Tag:
berat badan, olahraga, makan
  • share line
  • share bbm
heart 3 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK