3 Cara Mudah Ajarkan Anak Untuk Cuci Tangan

1507894211028
  • Share
3 Cara Mudah Ajarkan Anak Untuk Cuci Tangan

Salah satu hal yang paling penting diajarkan kepada anak adalah menanamkan kebiasaan untuk hidup bersih seperti mencuci tangan. Apalagi, anak-anak sangat suka bermain di berbagai tempat yang bisa saja menempelkan kuman dan penyakit. 

Mengutip dari ThoughtCo, faktanya sekitar 1500 bakteri per sentimeter persegi ada pada kulit tangan. Maka, rajin mencuci tangan merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah tertularnya penyakit dan bakteri. Jadi, sangat penting untuk memulai kebiasaan mencuci tangan sejak masih kecil, saat sebelum makan, setelah bermain, juga sehabis dari toilet.  

sumber: 123rf

Lalu, bagaimana cara paling mudah untuk mengajarkan kebiasaan mencuci tangan pada anak? Lakukan pendekatan dengan cara mudah seperti berikut ini.

1. Ajak cuci tangan bersama-sama
Anak-anak memang masih belum mengerti apa itu kotor dan kuman. Namun, mereka sangat mudah mengikuti tindakan orang-orang di sekitarnya. Jadi, cara paling mudah adalah memberikan contoh pada mereka. Jadi, pastikan Anda mencuci tangan setelah keluar kamar kecil, sebelum dan sesudah makan, dan ajaklah anak Anda untuk melakukannya bersama-sama. 

2. Bernyanyi bersama-sama
Setiap kali mencuci tangan, coba ajak anak untuk bernyanyi bersama-sama. Biarkan mereka memilih lagunya sendiri dan menyanyikannya ketika sedang mencuci tangan. Ini bisa mendorong anak untuk menyukai kebiasaan baik ini.

sumber: 123rf

3. Berikan pernak-pernik bergambar karakter favorit
Usai mencuci tangan, keringkan tangan si kecil dengan handuk bergambar karakter kartun favoritnya. Dengan cara ini, mereka pasti akan lebih rajin lagi mencuci tangan. 

***

Nah, tanggal 15 Oktober adalah Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day yang merupakan kampanye global untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan informasi tentang pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun sehingga bisa mengurangi risiko terkena penyakit.

Dalam rangka Hari Cuci Tangan Sedunia ini, Lifebouy juga ikut merayakannya dengan melakukan edukasi cuci tangan memakai sabun di Indonesia melalui gerakan #TepukSehatIndonesia. Edukasi ini dilakukan dalam serangkaian di 12 titik di 9 kota dari tanggal 12-20 Oktober 2017, yang akan menjangkau sekitar 2500 masyarakat. Salah satunya mengadakan perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia di SDN 03 Menteng, Jakarta, pada tanggal 12 Oktober 2017.

Selain itu, Anda juga bisa ikut berpartisipasi membantu 10 anak Indonesia belajar mencuci tangan dengan baik dan benar bersama Lifebuoy. Caranya, unggah foto Anda atau anak Anda ketika sedang tos dengan teman atau keluarga di Instagram dan gunakan hashtag #TepukSehatIndonesia. Setiap foto yang Anda unggah sama nilainya dengan mengedukasi 10 anak Indonesia untuk mencuci tangan dengan baik dan benar. Untuk mengetahui program ini lebih lanjut, Anda bisa melihatnya di sini.

Dengan mengikuti gerakan #TepukSehatIndonesia ini, Anda sudah ikut membantu menyebarkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun sejak kecil. Jadi, ikut sekarang dan ajak semua anggota keluarga serta sahabat Anda untuk berpartisipasi, ya!

Tag:
kesehatan, cuci, tangan
  • Share
7 People liked this
LIKE
BOOKMARK