Survei Membuktikan, Wanita Jarang Main Game, Tetapi Paling Boros untuk Membeli Keperluan Gaming

1536980412991
  • share line
  • share bbm
Survei Membuktikan, Wanita Jarang Main Game, Tetapi Paling Boros untuk Membeli Keperluan Gaming

Video game kerap diidentikkan dengan dunia pria. Walau benar adanya bahwa angka gamer pria lebih tinggi dibandingkan gamer wanita, sebuah survei baru-baru ini menunjukkan bahwa wanita justru lebih boros dalam hal membeli tetek bengek untuk hobi main game.

Menurut survei dari Liftoff, para gamer wanita memiliki kecenderungan 79% lebih tinggi dalam membeli keperluan gaming dibandingkan pria. Keperluan gaming dalam survei ini termasuk perangkat game, aksesori, atau konten dalam aplikasi game. Partisipan wanita dalam survei ini membeli konten game 16,7% setelah meng-install aplikasi game.

Baca juga: 

Game Ini Memungkinkan Anda Membuat Taman Dinosaurus Di Jurassic World

Data ini dihimpun dari tren pemakaian 350 aplikasi selama periode Juni 2017 sampai Mei 2018. Data yang dihasilkan kemudian dibandingkan dengan hasil survei yang sama pada tahun 2016-2017. Dari hasil perbandingan ini ditemukan bahwa pembelian keperluan gaming oleh para wanita meningkat tajam hingga nyaris dua kali lipat. Survei ini juga menunjukkan, wanita lebih suka game berjenis puzzle, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menjajal game lain yang direkomendasikan dari mulut ke mulut.

"Membuat kampanye yang menargetkan pengguna wanita akan menjadi kunci bisnis bagi para produsen game," ungkap Mark Ellis selaku CEO Liftoff dalam wawancaranya bersama GamesBeat. Ellis menambahkan, produsen game juga harus memastikan pengguna melakukan pembelian konten setelah mengunduh game.

Game bergenre puzzle lebih diminati para wanita (Sumber: Polygamia)

"Wanita merupakan target penjualan yang begitu menguntungkan dan diperlukan strategi tersendiri untuk menarik konsumen wanita," ujar Ellis. "Fokusnya tidak hanya bagaimana agar wanita mengunduh game, tetapi juga agar mereka membeli konten di dalamnya."

Baca juga: 

Belajar Lewat Bermain! Ini 5 Manfaat Board Games untuk Tumbuh Kembang Anak

Survei dari Liftoff ini tidak hanya menunjukkan bahwa gamer wanita merupakan target pasar yang begitu menguntungkan, tetapi juga platform apa yang harus lebih banyak digenjot penjualannya. Dilansir laman Venture Beat, perangkat berbasis Android layak menjadi target utama para produsen game, karena angka penjualan ponsel berbasis Android mencapai 1,5 juta unit per harinya. Pengguna Android juga lebih mudah melakukan pembelian konten game, yakni sebanyak 52%, dibandingkan pengguna Apple yang hanya 43,6%.

(Sumber cover: IB Times)

Tag:
game, android, apple, gadget, ponsel, survei
  • share line
  • share bbm
heart 3 People liked this
like liked LIKE
bookmark booked BOOKMARK